Apresiasi Pemerintahan Desa Kanekes Akan kinerja Disdukcapil Lebak

 31 total views,  1 views today

LEBAK-BANTEN, GLOBAL MEDIATAMA.COM– Pemerintahan Desa Kanekes mengapresiasi semua kegiatan perekaman dan pendataan kependudukan yang telah dilaksanakan oleh Disdukcapil Lebak, dari tahun 2012 s/d 2021.

Read More

Kanekes adalah Desa yang berada jauh dari perkotaan dengan lingkup perkampungan yang cukup luas, menjadi kendala tersendiri bagi pemerintah Desa dan Disdukcapil dalam melaksanakan tugasnya, namun tidak demikian. Disdukcapil dan pemerintah Desa kanekes bersatu padu dalam menjalankan tugas, secara bersinergi petugas Disdukcapil Lebak beserta pemerintah Desa Kanekes pun melakukan Jemput bola, agar warga bisa mendapatkan haknya, meskipun jarak tempuh yang lumayan sulit,tidak menyurutkan semangat petugas Disdukcapil Lebak.

Kepala Desa Kanekes Saija, melalui Kaur umum Arie Kuncoro M.Pd yang didampingi oleh Kaur Keuangan Salman, menuturkan pada Wartawan Globalmediatama, saat berkunjung di kantor Desa Kanekes. Rabu (22/6/2022),

“Adapun titik-titik jemput bola yang menjadi tempat pelaksanaan Disdukcapil adalah Ciboleger dekat Kantor Desa Kanekes (cakupan pelayanan 28 kampung), Nangerang (cakupan pelayanan 20 kampung), Cijahe (cakupan pelayanan 17 kampung). Sehingga bisa mengcover sejumlah 65 kampung di Desa Kanekes,” paparnya.

“Berbagai kendala yang dirasakan sangat komplek, mulai dari akses perjalanan yang sulit, terutama kala musim hujan, akses jaringan internet, dan kesibukan kegiatan adat pada Masyarakat Baduy. Namun segala kendala tersebut tidaklah begitu besar, dibandingkan dengan niat luhur pemerintah Desa Kanekes dan Disdukcapil Lebak akan pemerataan data penduduk warga kanekes. semangat Disdukcapil dan Pemerintah Desa Kanekes dalam berkolaborasi untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada Masyarakat Patut di acungi jempol. Semoga kedepannya jalinan kolaborasi tetap harmonis dan bersinergi serta berkelanjutan,” jelas Arie.

“Pemerintah Desa Kanekes pun tidak menutup kemungkinan, dalam menjalankan tugasnya bersama Disdukcapil pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, namun semua itu hanyalah masalah waktu saja, karena tidak ada suatu hal yang sempurna. namun seyogyanya kita berusaha untuk menjadi sempurna dan menyempurnakannya,” imbuh Arie.

“Dalam hal ini, ide dan gagasan serta motifasi dari semua pihak sangatlah penting, Semoga semua pihak dapat bekerja sama sehingga tidak ada lagi kendala yang menghambat pemerataan data warga kanekes. sehingga ide dan kreasinya untuk percepatan pendataan kependudukan di Masyarakat adat Baduy segera merata, harap Arie.

Lanjut Arie,
“Kepada semua pihak seyogyanya kita jangan mudah menyimpulkan sisi kekurangan, namun lihat hasil kerja keras baik Pihak Pemdes Kanekes maupun Disdukcapil Lebak yang pantang menyerah tanpa lelah, kini sebagian besar Masyarakat Baduy sudah mendapatkan data kependudukannya dan tercatat di Disdukcapil Lebak,” tandasnya.

“Untuk lebih maksimal lagi dalam pendataan kependudukan di Desa Kanekes, sangatlah penting akan adanya kesadaran dari masyarakat itu sendiri, manakala ada kegiatan perekaman yang di laksanakan petugas Disdukcapil dan pemerintah Desa Kanekes, sebisa mungkin untuk menyempatkan datang ke tempat tersebut, hal ini akan lebih efisien, dan kendala seperti yang disebutkan diatas berkurang bahkan tidak lagi terjadi,” tutup Arie.

(ALFIAN)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.