Kabid Humas Polda Jabar : Mantap!!! Polisi Bantu Bersihkan Matrial Bencana Alam Di Desa Cilayung

 199 total views

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH JAWA BARAT BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

Read More

SIARAN PERS
TENTANG

Kabid Humas Polda Jabar : Mantap!!! Polisi Bantu Bersihkan Matrial Bencana Alam Di Desa Cilayung

Kapolres Kuningan Polda Jabar AKBP Dhany Aryanda, S.I.K, mengatakan, telah terjadi bencana alam berupa tanah longsor yang mengakibatkan TPT Rumah bagian belakang milik sodara Muhidin (68) tahun, warga Blok Sirtong Dusun Ciputat Rt 02 Rw 03 Desa Cilayung Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan.

Menurut Kapolres Kuningan Polda Jabar AKBP Dhany Aryanda, bahwa benar telah menerima adanya laporan dari warga binaanya, akan adanya kejadian tanah longsor yang mengakibatkan  TPT (Tembok Pembatas Tebing) pada bagian belakang rumah milik sodara Muhidin (62) tahun, warga dusun Ciputat Blok Sirtong  Rt 02 Rw 03 Desa Cilayung Kecamatan Ciwaru Kabupaten,” ungkapnya.

AKBP Dhany Aryanda mengatakan atas Kejadian tersebut di duga berawal dari adanya curah hujan yang cukup deras dari kemarin sore sampai menjelang malam, akibat kurang adanya resapan dan tidak adanya saluran air yang memadai sehingga menyebabkan tanah di sekitar menjadi terkikis dan jebol pada bagian tembok Pembatas Tebing sampai berdampak longsor.

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa melainkan kerugian materi kurang lebih Rp 10.000.000, – (Sepuluh Juta Rupiah). Kapolsek Cidahu IPTU Mahmudin beserta anggotanya dan Koramil Ciwaru, Perangkat Desa Cilayung, BPBD Kabupaten Kuningan langsung mendatangi tempat kejadian longsor tersebut. Ungkap Kapolres.

Setelah di TKP Kapolsek Cidahu Polres Kuningan Polda Jabar IPTU Mahmudin beserta anggotanya bahu-membahu mengumpulkan bahan keterangan dan membantu mengedukasi masyarakat Juga membantu membersihkan matrial tanah longsor bersama warga, perangkat desa dan warga desa Cilayung.

Dengan situasi cuaca yang tidak menentu diprediksikan akan terjadi tanah longsor susulan karena tidak menutup kemungkinan masih adanya intensitas hujan yang tinggi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan perlu di antisipasi terjadinya tanah longsor susulan khususnya pada pemukiman warga yang berada di pinggiran sungai dan tebing tebing  dengan melakukan koordinasi dengan Instansi terkait baik Pemdes dan BPBD dengan memberi himbauan  kepada warga untuk tetap waspada mencegah terjadinya korban jiwa dan kerugian materi.

Kapolres Kuningan Polda Jabar AKBP Dhany Aryanda mengatakan “bahwa dalam rangka pelaksanaan gotong royong membantu warga binaannya membersihkan material longsor di desa Cilayung kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan, Alhamdulillah berjalan dengan baik dan kondusif,” pungkasnya.

Bandung 22 Juni 2022

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *