Warga Desa Podosari Kecamatan Kesesi kabupaten Pekalongan Lakukan Adat Sedekah Bumi

 109 total views,  1 views today

Pekalongan. Warga desa Podosari kecamatan Kesesi menggelar tradisi sedekah bumi sebagai simbol kebersamaan dan kemakmuran desa.
Dalam prosesi acara tersebut setiap pedukuhan menampilkan hasil bumi dan dimeriahkan dengan kirab budaya yang dilaksanakan di depan balai desa.

Read More

Nur Cahyo selaku kepala desa Podosari menjelaskan, bahwa tradisi sedekah bumi memang setiap tahun kita adakan, selain sedekah bumi kami juga mengadakan kegiatan lomba kirab budaya yang di tampilkan di setiap pedukuhan yang berbeda dan ada pertunjukan wayang yang di meriahkan oleh dalang Sigid Ariyanto,S.sn.
Alhamdullilah acara sedekah bumi dan kirab budaya tahun ini lebih meriah di bandingkan tahun kemarin, antusiasme warga yang mengikuti sangat luar biasa.

Sedekah bumi di bulan legenan dilakukan untuk wujud rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan yang maha esa setelah menerima hasil bumi yang melimpah di desa ini. Tradisi ini memang sudah berlangsung turun menurun dari nenek moyang ucapnya.22/06/2022

Sutrisno selaku warga desa Podosari menuturkan bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini menjadikan kami sedikit bersyukur atas nikmat yang di berikan oleh tuhan yang maha esa, selain itu kami juga berterimakasih kepada bapak kepala desa yang telah mau melakukan tradisi ini di setiap tahunya. Acara tahun ini sangat sungguh meriah walaupun di tengah cuaca yang hujan.Rustianto

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.