Bupati Wajo Resmikan 137 Unit PJUTS di Atakkae

 47 total views,  2 views today

WAJO -.Kabupaten Wajo jadi salah satu kabupaten/kota di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menerima bantuan pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) tahun anggaran (TA) 2021 dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Jumlahnya 137 unit yang peresmiannya berlangsung di Kelurahan Atakkae, Kecamatan Tempe, Sabtu (2/7/2022).

Read More

Peresmian dihadiri langsung Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PAN, Andi Yuliani Paris (AYP). PJUTS ini memang merupakan aspirasi AYP sebagai wakil rakyat di Senayan melalui komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo.

AYP pada kesempatannya mengurai bahwa pemasangan PJUTS untuk Sulsel untuk TA 2021 sebanyak 450 unit. Dirinya berharap jumlahnya akan terus bertambah ke depan, termasuk untuk Wajo.

“Untuk Kabupaten Wajo sebanyak 137 unit. Kemudian Kabupaten Bone sebanyak 139 unit, Bulukumba sebanyak 70 unit, dan Maros sebanyak 104 unit. Semoga ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, AYP juga memberikan pujian terhadap kepemimpinan Amran Mahmud di Wajo. Karena itu, ia berkomitmen untuk terus memperjuangkan bantuan untuk Wajo di pusat.

Sementara, Bupati Wajo, Amran Mahmud, yang mendampingi AYP pada kesempatan ini melontarkan apresiasinya kepada sang legislator. Kata dia, bantuan yang telah diberikan AYP untuk Wajo sudah banyak. Hal turut membantu dalam mewujudkan program prioritas pemerintahannya.

“Seperti bantuan PJUTS ini membantu kami dalam mewujudkan program Mandi Cahaya Wajo (Macawa). Begitu juga bantuan pemasangan kWh (meteran listrik) gratis bagi keluarga miskin,” ucap Amran Mahmud.

Ketua DPD PAN Wajo ini melanjutkan bahwa bantuan lainnya, yaitu ribuan mesin pompa untuk petani dan mesin perahu untuk nelayan dengan konverter bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG). Begitu juga bantuan beasiswa untuk mahasiswa dan siswa SD/SMP.

“Dan yang tak kalah pentingnya adalah bantuan pemasangan ribuan bahkan puluhan ribu jaringan gas (jargas) rumah tangga sehingga masyarakat tidak perlu membeli tabung gas lagi dan menghemat biaya bulanan. Mari kita jaga dan manfaatkan dengan baik segala bantuan beliau,” tutur Amran Mahmud.

Begitu juga kepada Kementerian ESDM, Amran Mahmud berharap Wajo tetap mendapatkan perhatian, khususnya dalam memberikan nasihat dan bimbingan dalam pengelolaan gas alam. “Kami menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Bapak Menteri ESDM (Arifin Tasrif) dan seluruh jajaran Kementerian ESDM selama ini,” kata Amran Mahmud.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Hendra Iswahyudi, mengurai bahwa pada 2021, PJUTS yang terbangun sebanyak 22.000 unit di 34 provinsi se-Indonesia.

“Kementerian ESDM dengan dukungan aspirasi Ibu AYP di Provinsi Sulawesi Selatan berhasil memasang sebanyak 450 unit PJUTS. Semoga dengan adanya PJUTS ini dapat memberikan manfaat dan membantu masyarakat dalam pengembangan perekonomian,” harapnya.

Peresmian ini turut dihadiri Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna, mewakili Kepala Dinas ESDM Sulsel, Kepala Dinas Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Wajo, Andi Aso Ashari, Camat Tempe, Supardi, bersama para lurah se-Kecamatan Tempe, serta masyarakat dan undangan lainnya ini. Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, turut hadir memberikan sambutan dan ucapan terima kasih.

Jurnalis,andika/Ginews**)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.