“Masyarakat Petani Mendukung Dan Mengapresiasi Atas Dibangunnya Jalan Usaha Tani Desa Margasari”

 186 total views

Globalinvestigasinews,com
Pemerintah Desa Margasari, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, Provinsi Lampung merealisasikan alokasi Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022 Sub Bidang Ketahanan Pangan untuk pembanguna jalan usaha tani berupa talud.(07/06/2022)

Read More

Yang beralokasi di gang. Miat, RT 03 RW 01 Dusun Pematang Sari menuju tanggul persawahan dengan volume 175 meter yang bersumber dari APBDes tahun anggaran 2022 sebesar Rp. 76.778.000,-.

Kepala Desa Margasari, Ade Candra Putra dengan panggilan akrabnya Ucin di lokasi pembangunan talud jalan uasaha pertanian iya mengatakan.

“pembangunan jalan usaha tani berupa talud ini dilaksanakan untuk mempermudah akses masyarakat dalam mengelola lahan pertaniannya, sehingga diharapkan hasil produksi pertanian dapat meningkat dan mengangkut hasil panen lebih lancar.

“Dengan ditaludnya jalan usaha tani itu sepanjang 175 meter dengan anggaran sebesar Rp. 76.778.000,- hasil kesepakatan semua elemen agar menjadi skala prioritas ditengah anggaran terbatas. Sehingga badan jalan bisa lebar menjadi 2 meter. Sehingga roda empat atau mesin pemanen padi bisa masuk dengan mudah,ucapnya.

Lanjut, medan infrastruktur jalan pertanian di Desa Margasari sangat sulit, karena berbukit dan sempit. Namun alhamdulillah, tahun ini bisa ada pembangunan pasca pandemi Covid-19 melanda. Meski belum maksimal, karena anggaran terbatas ditambah pagu anggaran dana desa untuk Desa Margasari hanya Rp. 700 juta tidak seperti pagu anggaran desa yang lain bisa mencapai 1 milyar lebih. Itu yang perlu diketahui oleh warga.

“Dengan dibangunnya badan jalan usaha pertanian ini, dengan talud kiri kanan yang bersumber alokasi dana desa sub bidang ketahanan pangan yang kita realisasikan 10 persen. Mudah-mudahan bermanfaat mempelancar mobilitas sektor pertanian para petani. Untuk itu petani harus diberikan kemudahan agar aktifitas mereka selama bertani menjadi lancar.

“Untuk itu diharapkan kerjasamanya untuk merawat hasil pembangunan ini. Karena pembangunan bertahap. Insya Allah kedepannya bisa kita paving block atau cor beton, sambungnya.

Karena program ini adalah Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) maka untuk pekerjanya adalah masyarakat semua lingkungan Desa Margasari yang memiliki skill dibidang pembangunan talud. Karena pembangunan hanya ada satu, maka merekrut semua warga yang mau bekerja yang ada di Desa Margasari.

“Sedangkan alokasi anggaran dana desa (DD) sub bidang ketahanan pangan 10 persennya lagi kita realisasikan ke pupuk untuk kelompok tani. Agar di kelola dengan baik, sehingga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat kita,tegasnya.

Sementara itu, para petani mengapresiasi atas pembangunan jalan usaha tani yang dilakukan Pemdes Margasari,Dengan dibenahinya jalan usaha tani ini, motor atau kendaraan petani lainnya akan bisa langsung masuk saat musim panen tiba, sehingga bisa menghemat waktu baik tenaga maupun biaya, tutup masyarakat setempat.
(Didi global)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *