Kodim 0623/Cilegon Selalu Rayakan Idul Adha 1443 Dengan Ibadah Hewan Qurban

 35 total views,  1 views today

CILEGON – Global Investigasi news.com – Seperti biasa, pada umumnya umat muslim merayakan Idul Adha disertai penyembelihan hewan qurban. Sebagaimana dalam ajaran agama Islam, hal itu merupkan bagian dari suatu Ibadah.

Read More

Begitupun yang kini sedang diperbuat oleh Kodim 0623/Cilegon, tak mau ketinggalan untuk selalu turut ikut beribadah dalam momen yang teramat penting ini. Dihari Idul Adha tahun inipun Kodim 0623/Cilegon kembali hadir melaksanakan kegiatan pemotongan hewan Qurban. Kegiatan dilaksanakan di lapangan Bhakti Teritorial Makodim 0623/Cilegon. Minggu (10/07/2022).

Pada perayaan Idul Adha tahun 1443H/2022M tersebut, disambut langsung oleh Komandan Kodim 0623/Cilegon, Letkol Inf Ari Widyo Prasetyo, S. Sos. Dandim 0623/Cilegon. Dalam sambutannya Letkol Inf Ari WP mengucapkan rasa syukurnya kepada Yang Maha Kuasa, atas ijin Nya sehingga pemotongan hewan qurban diperayaan Idul Adha itu dapat terlaksana dengan semestinya.

“Pertama-tama marilah kita bersyukur atas kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas rahmat dan ridhonya kita masih dapat bertemu dan berkumpul di sini, Saya selaku Dandim 0623/Cilegon, mengucapkan terima kasih kepada panitia atas laporan sehingga acara ini bisa berlangsung dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan Qurban ini akan didustribusikan untuk anggota Kodim, Koramil, masyarakat, pesantren dan awak media. Kemudian dia pun menerangkan dengan rinci terkait seputar pemotongan qurban itu, ” Hewan qurban yang akan dipotong ada 25 kambing dan domba dan 2 ekor sapi. kita bukan hanya melaksanakan kegiatan untuk penyembelihan ini di Kodim saja. Selain itu juga ada hewan qurban yang kita berikan atau kita bantu di wilayah Pulo Panjang, yang mana kemarin kita pernah menyelenggarakan kegiatan Sail dan Touring Siliwangi dan melihat langsung keadaan masyarakat yang banyak keterbatasan, sehingga Kodim 0623/Cilegon tergerak untuk memberikan bantuan hewan qurban kesana.selanjutnya juga distribusikan untuk anggota Kodim 0623/Cilegon, Koramil, masyarakat, Pesantren dan Awak Media.
” Jelas Dandim.

Untuk mengantisipasi adanya kemungkinan terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat sedang mewabah, Kodim didukung oleh dari pihak Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon. Dimana bertugas membantu memeriksa kondisi hewan Qurban, yang akan dipotong dan nantinya akan distribusikan.

Seiring akhir percakapannya, Dandim memaparkan “Jadi kita memaknai hari raya Idul Adha ini sebagai bentuk kita berkorban dan ikhlas untuk membantu masyarakat di sekitar kita.” Tutup Dandim.

Sementara menurut Drh Abrahan dari DKPP Kota Cilegon mengutarakan, bahwa kota Cilegon masih dinyatakan daerah bebas PMK. Tapi, dengan dasar itu kita tetap hati-hati dan kita tetap lakukan pemeriksaan sebelum hewan disembelih dan setelah hewan disembelih untuk memastikan hewan yang disembelih dalam keadaan aman, sehat sebelum di distribusikan, “Dari hasil pemeriksaan hewan Qurban di Kodim 0623/Cilegon ini, kita menyatakan semua dalam keadaan sehat.” jelasnya.
(Beni/Rohim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.