STOP .. !! “Tambang Emas ILLEGAL, Masyarakat Sekitar Sungai Way Umpu dan Way Besai Mulai Mandi dan Mancing ??”

 95 total views,  1 views today

 Agustus 13, 2022

Read More

Way Kanan. Lampung globalinvestigasinews.com

Sudah dua hari ini masyarakat disepanjang sungai Way Umpu dan Way Besai dapat menikmati sungai ini dengan kegiatan mandi bareng dan mancing bersama keluarga dan sahabat . Sabtu (13/8)

Suasana  Daerah Aliran Sungai ini berubah setelah diadakan razia gabungan yang dipimpin oleh Polres bersama TNI dan Sat Pol PP Way Kanan dan pernytaan Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna berkomitmen bersama petugas dari TNI dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

” Kami berkomitmen bersama  petugas dari  TNI dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan melaksanakan penertiban Tambang Ilegal yang berada di wilayah Hukum Polres Way Kanan.” Tegas Kapolres dalam Pres Rillis di Maco Polres Way Kanan Jumat (12/8)

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna menghimbau kepada para pelaku penambang agar segera menghentikan segala aktivitas penambangan emas ilegal. Dampak penambangan emas ilegal itu dapat menyebabkan rusaknya lingkungan dan membahayakan masyarakat luas. 

Permasalahan lain yang juga muncul dari praktik pertambangan ilegal tak hanya soal kesehatan dan lingkungan saja. Lebih dari itu, sehingga perlu disadari bersama.

Himbauan ini diikuti seluruh penambang emas liar yang biasa beroperasional ratusan  mesin diberbagai titik., tidak.kecuali yang ada beroperasional di sepanjang sungai.

Sungai yang warna dari kecoklatan saat ini berubah agak bening dan mulai di manfaat masyrakat untuk beraktifitas menancing dan mandi di sungai.

Perasaan senang ini di utarakan oleh Deni bersama keluarga warga Kampung Negeri Baru.yang dekat jembatan dan sungai hari ini bisa mandi bareng yang sudah lama tidak dilakukannya karena air yang keruh akibat banyaknya Tambang Emas Liar sepanjang Daerah Aliran Sungai.

” Alhamdulliah bisa mandi sore ini di sungai Way Besay karena airnya sudah jernih tidak seperti sebelumnya.” Imbuhnya.

” Saya besok-besok akan ajak kawan untuk mancing bersama.di Sungai ini, semoga dapat ikan yang banyak.” Tutup Deni.

Selain itu juga dari salah satu ungguhan FB.bernama  Sanusi dia mulai menikmati suasana air yang mulai bersih dengan menancing dan ada banyak juga seperti dirinya yang mancing di sepanjang sungai.

Terlihat banyak manfaatnya sungai ini oleh masyarakat mereka bisa mandi dan mancing bersama sekaligus rekreasi bersama keluarga . 
Mari kita sama – sama awasi tambang emas liar jangan sampai melakukan aktivitas kembali yang mengakibatkan ekosistim dan nilai manfaat bagi masyrakat jadi rusak.

Mari kita bantu Posko LKBH SMSI Lampung untuk mencari beking dan pelaku pengrusakan lahan milik negata PTP VII Bapu untuk Tambang Emas Liar yang hanya menguntungkan sekelompok atau segelintir orang saja tapi membawa nama baik Way Kanan dan Lingkungan hancur dengan dijarahnya kebun milik negara ini tanpa ada yang peduli. ( ***)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.