Tim Gabungan Temukan Puluhan Ribu Obat Terlarang Beredar di Kab. Tangerang

 206 total views

TANGERANG – Global Investigasi.news.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bersama Tim gabungan menyelenggarakan Gerakan Bersama Masyarakat Cegah Maraknya Peredaran Obat-obat Terlarang (Gebyar Gempita) di 17 kecamatan, Kabupaten Tangerang.

Read More

Tim gabungan itu terdiri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Loka Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) Kabupaten Tangerang, Satpol PP Kabupaten Tangerang, dan Apoteker Puskesmas Se-kabupaten Tangerang. Ribuan obat-obat terlarang ditemukan dalam gerakan tersebut.

“Dalam pengawasan bersama, kami menemukan 304 butir psikotropika, 6.712 butir tramadol, 10.138 butir Trihexyphenydyl/Heximer dan ribuan butir obat keras lainya. Diperkirakan nilai ekonomi dari obat tersebut berkisar 50 juta,” ujar Kasi Farmasi dan Keamanan Pangan Dinkes Kabupaten Tangerang, Desi Tirtawati.

Menurutnya, ribuan obat tersebut dari 20 toko yang tidak berizin di 17 Kecamatan. Temuan obat terlarang di toko itu pun langsung diamankan. “Jika tidak diawasi, obat tersebut berpotensi dibeli anak remaja dan rawan disalahgunakan, mengingat, obat tersebut tergolong jenis obat yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter,” ujarnya.

Dia mengimbau, kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan semakin waspada. Mengingat, distribusi obat yang tidak memiliki izin dapat membahayakan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Kami akan rutin melakukan pengawasan. Sehingga diharapkan mutu dan keamanan obat yang beredar di Kabupaten Tangerang dapat terjamin bagi masyarakat,” kata Desi.
(Beni/Rohim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *