Melalui Kegiatan P2L Kita Tingkat Gizi Keluarga Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting dan Penanganan Inflasi Di Kabupaten Tanjab Timur

 27 total views,  2 views today

Jambi-Globalinvestigasinews.com.2022/09/23.
Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan upaya untuk meningkatkan ketersediaan, aksesbilitas dan pangan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) serta berorientasi meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Read More

Kegiatan P2L merupakan kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat/ Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk budidaya berbagai jenis tanaman melalui kebun bibit, demplot kelompok dan pekarangan anggota yang dilakukan di lahan tidur maupun pekarangan sekitar tempat tinggal.

Asisten II Ekonomi dan pembangunan pemkab Tanjab Timur, Djafar. S. Sos bersama dinas Ketahanan pangan, dan dinas perikanan, dinas perkebunan dan peternakan, serta dinas Perindag pemkab Tanjab Timur, utusan Kecamatan Geragai serta Lurah Rantau karya, telah bersama sama melakukan penanaman bibit cabai kelompok Wanita Tani (KWT) Melati, di desa Rantau Karya, kecamatan Geragai kabupaten Tanjab Timur.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Tanjab Timur Fajar Alamsyah mengatakan, melalui kelompok Wanita Tani (KWT)Melati, hari ini kita bersama sama menanam bibit cabai di Pekarangan Pangan Lestari (P2L). dengan tema “Kita tingkat Gizi keluarga Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting dan Penanganan inflasi”.

Program ini kami kembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Kami mengajak masyarakat memamfaatkan pekarangan dengan menanam aneka tanaman, ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

“Ini kan bisa menjaga kebutuhan dan ketahanan pangan keluarga. Kita tinggal petik sayur-sayuran dari pekarangan,” ujarnya.

Fajar Alamsyah juga menambah
Sejak terbentuknya P2L ini dinas ketahanan pangan telah membentuk 48 KWT, langsung di bawah dinas ketahanan pangan pemkab Tanjab Timur. Ia juga menjelaskan KWT melati ini telah mendapatkan bantuan baik itu dana APBN maupun ABPD, bahkan KWT Melati ini ditargetkan oleh APBN 1000 kilogram hasil panen, Terbukti KWT Melati telah berhasil memanen 1685 kilogram berarti surplus 685 kilogram.jelas Fajar Alamsyah.

KWT Melati ini adalan kelompok percontohan dan telah menyabet juara satu se Provinsi Jambi dan urutan ke tujuh untuk seluruh Indonesia, dalam bidang administrasi P2L, bahkan kelompok wanita Tani di desa Rantau karya ini sering di jadikan tempat study banding dari kabupaten lain yang ada di provinsi Jambi.ucanya.

Asisten II Djafar.S.Sos mengatakan, program ketahanan pangan ini sudah lama di laksanakan, khususnya di desa Rantau karya ini,
hanya saja perekonomian kita perlu di tunjang dengan kekuatan pangan maka Pemerintah Daerah Tanjab Timur melalui dinas ketahanan dan dinas lainnya, maka dnas perlu memantapkan kembali program ketahanan pangan melalui kelompok kelompok tani, Djafar juga berharap kedepanya seluruh kelompok kelompok Tani yang ada di kabupaten Tanjab Timur. tuturnya.(T111K).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.