Dinas PUPR Tanjab Timur Latih 100 Orang Tenaga Terampil Jasa Konstruksi

 181 total views

Jambi-Globalinvestigasinews.com.2022/09/27.
Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), bekerjasama dengan Balai jasa konstruksi wilayah II Palembang dan Bidang Kontruksi Jambi (Bikon) melaksanakan pelatihan tenaga terampil jasa konstruksi, untuk mendapatkan sertifikat terampil lembaga sertifikasi.

Read More

Kepala Dinas PUPR Tanjung Jabung Timur yang di wakili Sekdis Sofyan. mengatakan, Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi pada bagian ketiga tentang sertifikasi kompetensi kerja
mengamanatkan, kewajiban bagi setiap tenaga Konstruksi untuk memiliki sertifikat kompetensi kerja dan kewajiban Pengguna jasa dan atau penyedia jasa untuk mempekerjakan tenaga kerja konstruksi yang bersertifikat.

Menindaklanjuti hal ini, Pemerintah daerah melaksanakan Pelatihan tenaga terampil jasa konstruksi dengan menggunakan APBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui  Dinas PUPR tahun 2022. Kegiatan pelatihan tenaga terampil ini di laksanakan selama 2 hari dari tanggal 27 hingga 28 September 2022.

Sofyan menjelaskan, potensi tenaga kerja konstruksi yang dimiliki merupakan modal dasar pembangunan yang apabila tidak dibekali dengan pembinaan keahlian, maka Kabupaten Tanjung Jabung Timur akan mengalami ketertinggalan, dalam sektor tenaga kerja jasa konstruksi.

Lebih lanjut dijelaskan Sofyan menyebutkan, pembinaan atau pelatihan peningkatan kapasitas tenaga jasa konstruksi ini bertujuan memberikan stimulus atau percontohan bagi stakeholder terkait dalam upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusia konstruksi.

“Kemudian guna memberdayakan Masyarakat konstruksi secara mandiri untuk melaksanakan, mengikuti pelatihan kompetensi keterampilan Kontruksi,” sebutnya.

“Selain itu pelatihan ini juga bertujuan meningkatkan kualitas, efektifitas dan efisien pelaksanaan pelatihan kompetensi tenaga kerja konstruksi, serta memberikan akses kepada Masyarakat dalam menerima jasa konstruksi terutama pada Dinas PUPR Tanjung Jabung Timur” imbuhnya

Sekdis PUPR Tanjab Timur Sofyan berharap, kepada para peserta yang mengikuti pelatihan agar benar – benar cermat mengikuti tahapan demi tahapan dalam proses pelatihan.

“Dengan demikian apa yang menjadi tujuan kita bersama ini mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kabupaten Tanjung Jabung Timur kedepan terutama dalam sektor jasa konstruksi,” pungkasnya.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya pelatihan ini adalah sebagai upaya untuk menggali informasi dan mengetahui tingkat kompetensi tenaga tukang konstruksi di Kabupaten Tanjab Timur, terkait dengan kemampuannya dalam melakukan pekerjaannya khususnya dalam bidang pertukangan,tuturnya (T111k).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *