Hanya Pak Jokowi Yang Dapat 13 Gelar Kehormatan Kesultanan Nusantara

 327 total views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja diberikan gelar dari Kesultanan Ternate. Ini bukanlah gelar pertama yang diterima Jokowi. Dia telah mendapatkan gelar kehormatan dari kesultanan hingga masyarakat adat.

Read More

Gelar kehormatan yang diterima Jokowi itu mulai dari Ki Jaka Winata, Kapiteng Lau Pulo, Tuanku Sri Indera Utama Junjungan Negeri, Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku, hingga yang terbaru Dada Madopo Malomo.

Ada beberapa alasan mengapa gelar kehormatan itu diberikan kepada Jokowi. Misalnya, saat diberikan gelar Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku, Jokowi dianggap sebagai sosok pemimpin yang peduli terhadap kesejahteraan Maluku.

Gelar Ki Jaka Winata diberikan kepada Jokowi pada tahun 2014 lalu. Gelar ini diberikan oleh masyarakat adat Kampung Naga, Garut, Jawa Barat. Saat itu, Jokowi masih menjadi calon presiden.

Pada tahun 2015, Jokowi juga mendapatkan gelar kehormatan dari Kesultanan Tidore, Maluku Utara. Kala itu, Jokowi dianugerahi gelar Biji Nagara Madafalo atau Yang Dipertuan Agung Anak Negara.

Jokowi juga mendapat gelar kehormatan Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho. Gelar itu diberikan masyarakat adat Maluku pada tahun 2017 lalu. Gelar adat ini diberikan atas dasar keputusan majelis adat Maluku yang terdiri atas tetua adat atau Latupati.

Jokowi menerima gelar adat Kapiten Lau Pulo. Gelar itu diterima Jokowi pada tahun 2017 lalu, saat dia berkunjung ke Tugu Pantai Pagatan, tepi Pantai Pagatan, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Gelar ada Kambepit atau Panglima Perang Suku Asmat diterima Jokowi dalam kunjungannya ke Kabupaten Asmat, Papua.

Pada 2018 lalu, Jokowi juga diberikan gelar Tuanku Sri Indera Utama Junjungan Negeri. Ia mendapat gelar ini dari Kesultanan Deli di sela kunjungan kerja ke Sumatera Utara.

Gelar ada juga didapatkan Jokowi dari masyarakat adat Komering, Sumatera Selatan. Gelar yang diberikan adalah Raja Balaq Mangkunegara.

Jokowi mendapat gelar Pinisepuh Paguyuban Pasundan. Gelar ini diberikan oleh masyarakat adat Paguyuban Pasundan pada 11 November 2018 lalu.

Gelar Datuk Seri Amanah Negara diberikan kepada Jokowi pada 2018 yang lalu. Gelar itu diberikan oleh masyarakat adat Melayu Riau.

Pada 2019, Jokowi mendapat anugerah gelar adat dari masyarakat adat Dayak Lundayeh. Gelar ini diterima Jokowi dalam kunjungannya ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara pada 19 Desember 2019 lalu.

Gelar berikutnya yang diterima Jokowi adalah Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa. Gelar itu diberikan oleh masyarakat adat Ende, Nusa Tenggara Timur.

Jokowi dianugerahi gelar kehormatan adat dan budaya Kesultanan Buton. Jokowi mendapat gelar La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara.

Terbaru, Jokowi mendapatkan gelar ‘Dada Madopo Malamo’ dari Kesultanan Ternate. Saat menerima gelar itu, Jokowi mengapresiasi Kesultanan Ternate yang terus menjaga adat dan kearifan lokal.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0jfHbZpupy2mDZjnufWn1X9CDzfYcmABJWi7TujPrYNocjsF6Twq7rF99wtBGrsEWl&id=100082508123696

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *