“Dinilai Janggal, Pelaksanaan Kegiatan Proyek Pembangunan P3-TGAI Tunggul Tani Disoal LSM Kedaulatan Rakyat ?!”

 79 total views,  1 views today

PANDEGLANG, – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk.

Read More

Didesa Cikuya Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten Pelaksanaan Kegiatan Proyek Pembangunan P3-TGAI dilaksanakan oleh P3A Tunggul Tani daerah Irigasi Cikuya Desa Cikuya dengan No. SPKS HK.02.03/334/PKS/Az.05//IX/2022, tanggal Kontrak 16 September 2022, Nilai Kontrak Rp. 195.000.000,- Sumber Dana APBN Tahun Anggaran 2022.

Dari hasil pantauan wartawan dilokasi kegiatan beberapa hari lalu, Kegiatan Proyek Pembangunan P3-TGAI di Desa Cikuya Diduga banyak kejanggalan mulai dari pemasangan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang terkesan di paksakan yang dimana masih digenangi air dan diduga melenceng dari administrasi Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Maman, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kedaulatan Rakyat kepada media, mengungkapkan, pembangunan P3-TGAI Tunggul Tani, semua penuh kejanggalan, mulai dari pemasangan TPT yang digenangi air, dan diduga dikerjakan asal jadi.

” Pasalnya, Pembangunan P3-TGAI Tunggul Tani terkesan dipaksakan, mulai dari pemasangan TPT yang digenangi air, dan diduga dikerjakan asal jadi, serta dugaan mengurangi matrial. Seperti adukan Semen dan Pasir yang diduga tidak sesuai dengan ketentuan, dimana adukan nya kurang campuran semen. Sehingga dikhawatirkan buruknya hasil pemasangan tersebut.

Maman menyesalkan, irigasi yang nota bene sarana meningkatkan debit air menjadi lebih besar dan aliran air sungai menjadi lancar, guna mengairi pesawahan, tentunya dalam pekerjaannya harus benar – benar diperhatikan kualitasnya, sehingga dengan sarana pertanian yang optimal, secara otomatis dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan bagi petani.

” Kami meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air harus turun langsung guna memantau jalannya Kegiatan Proyek Pembangunan P3-TGAI dilaksanakan oleh P3A Tunggul Tani di Desa Cikuya

” P3-TGAI yang dilaksanakan oleh P3A Tunggul Tani harus diawasi secara ketat, sehingga proyek yang bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air sesuai dengan rencana dan harapan para petani,” papar Maman sekaligus warga Asal wilayah kecamatan Sukaresmi tersebut.

Sementara itu, Amin Ketua Pelaksana kegiatan P3-TGAI Tunggul Tani Cikuya saat di konfirmasi melalui sambungan whatsApp, kamis (20/10/2022), ya betul pak saya ketua Kelompok P3A Tunggul Tani.

” Saat proses pelaksanaan pekerjaan pemasangan TPT dan pondasi, kondisi tidak tergenang air, melainkan di keringkan dulu pak,” kilah ketua kelompok sekaligus Pelaksana P3A Tunggul Tani di Desa Cikuya

@ ndi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *