Math Is Fun Pada Kurikulum Merdeka

 204 total views,  4 views today

Pati- Jateng.Salah satu upaya untuk yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu melalui proses pendidikan. Karena dalam pendidikan memungkinkan Siswa untuk mengembangkan kapasitasnya sesuai kemampuan dan tepat sasaran.Hal tersebut karena saat proses pendidikan siswa didampingi oleh guru yang berperan untuk mendorong tumbuh kembang siswa dalam mengembangkan bakatnya.
Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dalam pendidikan.Dimulai sejak Indonesia merdeka berbagai pembaruan telah dilakukan pemerintah untuk memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan.Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan perubahan pada kurikulum. Perubahan pada kurikulum merupakan bentuk penyesuaian terhadap perubahan zaman serta jawaban atas permasalahan yang kerap muncul dalam Pendidikan.Dikutip dari situs kementrian pendidikan dan kebudayaan dijelaskan bahwa Indonesia telah melakukan revolusi pada semua jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi sejak tahun 2019 dengan mencanangkan Program Merdeka Belajar pada jenjang pendidikan formal. Merdeka belajar diartikan sebagai kebebasan dalam belajar dengan memberikan kesempatan bagi siswa agar belajar dengan bebas, nyaman, mampu belajar dengan tenang, santai dan bahagia tanpa adanya tekanan dengan tetap menghargai bakat alami yang dimiliki siswa tanpa memaksa mereka untuk mendalami atau menguasai ilmu tertentu di luar minat dan kemampuan yang dimiliki.
Karakteristik dalam kurikulum merdeka yaitu pembelajaran untuk mengembangkan soft skill dan karakter siswa sesuai dengan pancasila, berfokus pada materi yang penting, guru lebih bebas untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta didik, selain itu juga kurikulum merdeka memiliki beberapa keunggulan antara lain, Lebih sederhana fokus pada materi yang esensial, .Lebih merdeka, guru dapat mengajar sesuai tahapan capaian dan perkembangan peserta didik serta lebih relavan dan interaktif.

Read More

Dikutip dari situs kompasiana, matematika adalah salah satu pelajaran yang paling tidak disukai siswa, mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Permasalahan yang selalu dikeluhkan siswa adalah tidak bisa mengerjakan soal karena tidak tahu rumusnya atau lupa rumusnya atau bahkan guru yang masih banyak menggunakan metode teacer centered learning (pembelejaran berpusat pada guru) dalam pelajaran matematika membuat siswa kesulitan, pembelajaran merasa tidak menyenagkan, sehingga munculah dampak yang timbul yaitu tidak adanya kebebasan siswa dalam memperoleh informasi saat belajar sehingga kemampuan literasi dan numerasi siswa pada pembelajran mata pelajaran matematika kurang baik.
Berdasarkan kondisi suasana pembelajaran yang tidak menyenangkan tersebut, pada kurikulum merdeka guru diharuskan mengubah metode pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Pada kurikulum medeka pembelajaran harus dilakukan dengan dua arah seperti siswa bertanya kepada guru, guru menjadi fasilitator, dan siswa saling belajar dengan siswa lainnya (tutor sebaya). Demi meningkatkan hasil belajar dan ketercapaian tujuan pendidikan yang berkualitas di seluruh Indonesia, pembelajran pada kurikulum merdeka bukan hanya melibatkan guru dan siswa saja, akan tetapi juga perlu dukungan dari pihak lain seperti orang tua, keluarga, dan institusi pendidikan.

Berdasarkan penjelasan pembelajaran matematika kurikulum merdeka disekolah harus terapkan kebijakan untuk mendukung pelaksanaan merdeka belajar, guru mampu menghadirkan situasi belajar yang menarik, menyenangkan dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran siswa dapat tercapai.Dengan adanya perubahan pada kurikulum merdeka belajar, pada awalnya pembelajaran matematika yang kurang menyenangkan,kini stigma tersebut berubah menjadi belajar yang menyenangkan bagi siswa.Diharapkan perubahan bisa dampak positif bagi pendidik di Indonesia.(PENULIS SUSILAWATI S.Pd.Guru SMPN 1 Sukolilo NIP 197709232014062005)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *