64 Siswa Siswi Kelas 1 SD Negeri 2 Karyajaya Mengikuti Giat Bias Yang Diselenggarakan Oleh Tim Puskesmas Sarageni

 49 total views,  1 views today

LEBAK-BANTEN, GLOBALMEDIATAM — Berdasarkan surat edaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, gelar giat bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) disekolah – sekolah SD/MI. kali ini kegiatan Bias, yang diikuti oleh sejumlah 64 siswa siswi kelas 1 SD Negeri 2 Karyajaya, berlokasi diwilayah Desa Karyajaya kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak. pelaksanaan giat BIAS dihadiri dan langsung disaksikan orangtua siswa siswi kelas 1, bertempat di salah satu ruang kelas SD Negeri 2 Karyajaya. Pada Sabtu (22/10/2022) pukul 09.00 wib s/d selesai.

Read More

Antusiasme orangtua murid terhadap kesehatan anaknya sangat tinggi, ini terlihat dari mereka mendampingi anak-anak mereka, memantau langsung ke sekolah. Kegiat bias yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Sarageni, dan di bantu oleh para guru-guru.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 2 Karyajaya Komariah,S.Pd.MM mengatakan,
“Ya hari ini, Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Sarageni. Sejumlah 64 siswa siswi kelas 1, SD Negeri 2 Karyajaya mengikutinya. Saya juga selaku Kepala Sekolah sudah berbagi informasi ke orangtua murid, dan Alahmdulillah orangtua murid sangat antusias mendukung kegiatan tersebut, bahkan hadir menemani anak-anak mereka kesekolah,” Ungkapnya.

Masih kata Kokom,
“Dirinya juga sudah memberitahukan kepada orangtua murid, agar anak-anak mereka sebelum berangkat ke sekolah, yang akan melaksanakan diimunisasi agar sarapan terlebih dahulu. Alhamdulillah anak-anak kelas 1 juga sangat antusias dan senang, serta tidak ada rasa takut disuntik. Bahkan mereka semua bergembira tidak ada yang menangis, biasanya kalau mau disuntik anak-anak ada yang takut dan menangis. Kali ini, Alhamdulillah anak-anak pada pintar-pintar tidak ada yang menangis, dan hebat-hebat serta siap untuk diimunisasi,” Terangnya.

Kokom berharap, “Mudah-mudahan, setelah mengikuti imunisasi, anak-anak disini kedepannya sehat semua, tak lupa Saya juga mengingatkan kepada orangtua murid yang anaknya hari ini diimunisasi, nanti kalau sudah tiba dirumah agar anaknya segera dikompres pakai air hangat, dan diperbolehkan mandi seperti biasa,” Tuturnya.

“Saya juga berharap, semoga dengan mengikuti program BIAS ini, anak-anak semuanya pada sehat, tidak ada dampak negatif dan juga tidak ada hal-hal yang Kita tidak inginkan, di setiap tahunnya juga Kita ada kerjasama dengan puskesmas Sarageni. Hanya beberapa tahun kebelakang sempat terhenti, dengan adanya pandemi covid-19. Tak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada tim tenaga kesehatan dari Puskesmas Sarageni, yang sudah memberikan suntikan imunisasi kepada anak didik kami, semoga bermanfaat dan sehat selalu anak didik kami, sehingga dapat menambah kekebalan tubuh, terhindar dari penyakit campak dan virus rubella,” Ucap Kepala SD Negeri 2 Karyajaya Komariah,S.Pd,MM.

Salah satu orangtua murid kelas 1, yang enggan disebutkan namanya mengatakan,
“Saya sangat mengapresiasi degan adanya kegiatan Bias disekolah ini, karena sangat bermanfaat untuk anak Saya supaya tetap sehat, dan semoga dengan adanya BIAN khususnya BIAS, anak-anak Indonesia sehat semuanya,” Ujarnya.

Kepala Puskesmas Sarageni H.Iyan Hardiansyah,S.Kep, melalui Tim Tenaga Kesehatan Dr.Dian Retno Puspita Sari menuturkan,
“Dijelaskan dalam pelaksanaan lapangan, selain memberi Imunisasi, para petugas Puskesmas Sarageni juga terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan, dan kebersihan tubuh para murid, semisal mendata tinggi badan dan berat badan, memeriksa pula kebersihan tangan dan kuku, kesehatan mata, gigi dan mulut.

“Pelaksana Kegiatan BIAS ini ke sekolah sekolah SD/MI, yang di peruntukan murid kelas 1, bertujuan untuk membekali kekebalan tubuh kepada para murid sekolah, agar terhindar dari Penyakit Campak dan Virus Rubella. Bila dalam pemeriksaan kesehatan, ada murid yang mengalami kelainan pada kesehatannya, maka petugas akan menindak-lanjuti dengan merujuknya ke puskesmas,” Pungkasnya.

Kegiatan Bias hari ini di sekolah Dasar Negeri 2 Karyajaya turut hadir, Kepala SD Negeri 2 Karyajaya Komariah,S.Pd.MM, Kepala Puskesmas Sarageni H.Iyan Hardiyansah,S.Kep, yang diwakilkan oleh tim tenaga kesehatan Dr.Dian Retno Puspita Sari, Marisa Widhia Dwijayanti,AMD,KL, dan Ns.Mohamad Nashir Anjani,S.Kep, Guru Kelas 1 SD Negeri 2 Karyajaya yang diwakilkan Ucum Mulyani,S.Pd dan Hj.Ani Suryati,S.Pd dan juga dibantu oleh Guru kelas 6 Nuryana,S.Pd, turut hadir orang tua murid kelas 1 dan 64 siswa siswi kelas 1 SD Negeri 2 Karyajaya.
Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

(ALFIAN)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *