Dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan Gelar Pengajian

 320 total views

Globalinvestigasinews,com
KALIANDA, Lampung selatan – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat menggelar kegiatan Pengajian dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022, yang berlangsung di Lapangan Tennis Indoor Kalianda, Sabtu (22/10/2022).

Read More

Kegiatan tersebut dihadiri dari berbagai santri pondok pesantren yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, jajaran Pemerintah Daerah serta seluruh elemen masyarakat.

Mewakili Bupati Lampung Selatan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eka Riantinawati mengatakan, hari santri merupakan hari besar yang disambut baik oleh masyarakat luas yang dimana saat ini setiap tahunnya selalu diperingati dengan suka cita.

“Karena peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik komponen bangsa yang mencintai tanah air dan milik siapa saja yang memiliki keteguhan di dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

Eka juga menuturkan, dimasa lalu santri merupakan garda terdepan di dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Santri adalah pejuang jihad, yang aktif dalam setiap fase perjalanan sejarah bangsa dan perjuangan santri tidak saja terjadi dimasa lalu, saat inipun para santri terus berjuang mengisi pembangunan bangsa.

“Dengan catatan diatas menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Saat ini santri memiliki keahlian bermacam-macam, bahkan beberapa dari mereka telah menjadi pemimpin bangsa, seperti KH. Abdurrahman Wahid atau Gusdur dan yang sekarang adalah KH. Ma’ruf Amin, yang menjadi wakil Presiden Indonesia,” tutur Eka.

Eka meminta, dari peringatan hari santri nasional ini, kiranya dapat dimaknai sebagai napak tilas perjuangan santri dengan menjaga martabat bangsa. Oleh karenanya pada kesempatan ini juga bersama-sama untuk dapat mendoakan para santri yang telah gugur sebagai kesuma bangsa dimasa perjuangan kemerdekaan dahulu.

“Mudah-mudahan dengan digelarnya pengajian memperingati hari santri ini, dapat kita petik hikmahnya sebagai nilai-nilai kebersamaan, yang sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan kadar keimanan dan ketakwaan kita kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT,” pintanya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan, Ashari mengungkapkan, sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

“Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak dan santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” ungkapnya.

Ashari mengajak, melalui momen Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiyai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT.

“Saya selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan patut menyampaikan terima kasih juga kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah hadir disini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan baik itu kiyai maupun santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama kita,” tandasnya. (Nsy-didi).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *