Angin Kencang & Hujan Lebat Merusak Belasan Rumah Warga, Polsek Mangge Lewa Disiagakan

 58 total views,  2 views today

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Read More

Cuaca ekstrim di awal musim hujan saat ini menimbulkan berbagai bencana alam di wilayah Kabupaten Dompu. Belum satu hari terjadi bencana alam angin puting beliung di wilayah Kecamatan Dompu, dan kemarin siang kembali terjadi angin kencang dan hujan lebat yang menerjang belasan rumah warga di Desa Sukadamai, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu rusak parah. Personil Polsek Manggelewa bersama tim gabungan disiagakan untuk meninjau sekaligus melakukan identifikasi rumah warga yang rusak, Sabtu (22/10/2022) sekira pukul 15.00 Wita.

Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Manggelewa dan sekitarnya mengakibatkan belasan rumah warga mengalami kerusakan parah bahkan 3 (tiga) orang dilaporkan luka-luka.

Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., melalui Kapolsek Manggelewa, Iptu Ramli, SH., mengatakan, hujan yang berlangsung selama lebih kurang 30 menit, membuat atap rumah luluh lantah diterjang angin.

“Kerusakan itu lebih banyak menimpa di bagian Atap rumah yang menggunakan Seng atau Spandek, ambruk diterpa angin,” ungkap Kapolsek.

Dari laporan yang diterima, lanjutnya, ada sekitar 13 Unit dan 3 orang warga alami luka tertimpa reruntuhan atap yang roboh namun tidak ada yang korban jiwa.

Adapun data rumah yang rusak akibat angin kencang tersebut antara lain di Dusun Suka Makmur terdapat sekitar 6 rumah, di dusun Samakai juga 6 rumah, dan di dusun Jambu Mente, ada 1 unit rumah,” jelas Kapolsek.

Ramli menjelaskan, sebagian besar rumah yang terdampak mengalami rusak berat, memaksa warga memilih mengungsi di rumah-rumah tetangga.

“Karena rusak parah dan tidak bisa di tempati lagi, maka untuk sementara warga yang terdampak mengungsi di rumah keluarga dan tetangga,” lanjut Kapolsek.

Saat ini, tambah Kapolsek, personil gabungan masih disiagakan, sementara ini, pihak Polsek hanya mampu memberikan sedikit bantuan berupa mie instan dan terpal pada warga.

“Tim masih bersiaga, memonitoring, sambil berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dan Daerah agar mengambil langkah-langkah terpadu guna meringankan beban dari warga masyarakat yang terdampak.”jelasnya.

Saat berita ini di rilis warga korban angin kencang belum menerima bantuan dari pemerintah, sedangkan warga untuk sementara direlokasikan ke tempat yang aman dan tetangga di sekitarnya. pungkas Kapolsek Mangge Lewa via kasi Humas Polres Dompu IPDA Achmad Marzuki.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *