Peran Generasi Muda dalam Kemerdekaan di Masa Kini

 67 total views,  1 views today

Pati-Jawa Tengah

Read More

Tanggal 17 Agustus 2022,Bangsa Indonesia merayakan HUT RI yang Ke-17.tidak seperti 2 (dua)tahun yang lalu waktu pandemi Covid-19,dan di tahun ini upacara bendera sudah dapat dilaksanakan secara luring dan diikuti oleh Siswa.meskipun dengan jumlah masih terbatas serta Prokes.Berbagai kegiatan di adakan untuk memperingati HUT RI yang dari Upacara Bendera dan berbagai perlombaan.

Slogan HUT RI yang ke-77 adalah”Pulih Lebih Cepat,Bangkit Lebih Kuat” Slogan ini bukan hanya sekedar rangkaian kata semata,melainkan mengandung makna,Doa,dan harapan yang besar bagi Bangsa Indonesia.Makna ini diharapkan dapat membuat Pemerintah dan Masyatakat bersinergi mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap kembali.HUT RI tahun ini bertujuan Merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dan tanggal 17 Agustus tahun 1945 adalah dimana Indonesia itu bebas dari penjajahan dan memperoleh Kemerdekaannya.

Tantangan yang dihadapi sekarang ini bukan lagi perkara penjajahan maupun medan perang namun melainkan musuh tidak kasat mata seperti ‘ancaman dampak negatif dari IPTEK,kebodohan,perpecahan,kemiskinan,kejahatan,pengangguran,penyakit,penggerogotan budaya bangsa Indonesia dan pelanggaran Hukum seperti KKN serta narkoba.

Penjajahan sudah merambah kepada bahasa,budaya,teknologi,makanan,minuman hingga pakaian.generasi muda sekarang lebih senang menggunakan produk asing di bandingkan produk Indonesia sendiri.untuk bisa lebih untuk mempercayai produk sendiri dan berkualitas,tugas Pemuda adalah’menggerakkan para produsen agar terus berinovasi dan meningkatkan kualitas.

Keberadaan Pandemi Covid-19 menyebabkan para pelajar mengalami Loss learning.Semoga semangat HUT RI Ke-77 ini di harapkan dapat mengembalikan kekuatan untuk pulih dan bangkit seperti dalam Slogan.

Dan sebagai generasi penerus bangsa,ada beberapa peran pemuda yang dilakukan dalam mengisi Kemerdekaan antara lain”
1.Agen perubahan yaitu peran pemuda yang pertama dapat dilihat sebagai agen perubahan.generasi Milenial seharusnya menjadi pelopor dan Inspirator memulai perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik.
2.Agen pembangunan yang artinya pemuda Indonesia memiliki peran dan tanggung jawab dalam upaya melancarkan dan melaksanakan di berbagai macam pembangunan fisik maupun nonfisik yaitu pengembangan potensi diri dan produktivitas untuk kemajuan bangsa.
3.Agen pembaruan yang artinya pemuda Indonesia harus memiliki kemampuan dalam menganalisis perubahan zaman.

Dengan peran Generasi Muda dalam Kemerdekaan di Masa Kini.maka Indonesia
akan lebih baik dan memberikan manfaat bagi sesama.mari terus kobarkan semangat nasionalisme sebagai modal dalam berjuang ,mengisi dan mempetahankan kemerdekaan dimasa kini.

Penulis : Riyanto Driyo Sucipto,S,Pd Guru SMPN 1 Sukolilo Pati

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *