60 Surveyor Bidang Kadastral Tersertifikasi Kompeten di LSP Geospasial

 36 total views,  1 views today

GIN – Lembaga Sertifikasi Profesi Geospasial baru-baru ini berhasil menetapkan 60 orang surveyor lolos uji kompetensi Bidang Kadastral di Badan Nasional Sertifikasi Profesi melalui LSP Geospasial.

Read More

Sebanyak 25 peserta mengikuti Skema Asisten Surveyor Kadastral Muda; Asisten Surveyor Madya 24 peserta; Surveyor Kadastral Muda 10 peserta, dan 1 peserta Surveyor Kadastral Madya. Seluruh peserta ini berhasil dinyatakan kompeten oleh asesor penguji dari LSP Geospasial.

Uji kompetensi bidang Kadastral ini dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi Teknik Geomatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta pada tanggal 11 – 13 November 2022.

Para peserta diuji oleh Marlis Yunanto dan Dessy Apriyanti selaku asesor sesuai dengan arahan Kepala LSP Geospasial. 

Pelaksanaan uji kompetensi ini bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia bidang Survey Kadastral yang berkompeten, professional, dan berdaya saing tinggi.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri ATR/ Kepala BPN Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Survei Kadastral.

Uji kompetensi ini juga bertujuan untuk memastikan kompetensi para profesional muda di bidang pekerjaan Kadastral.

Untuk itu uji kompetensi harus dilakukan oleh asesor berlisensi dan dilaksanakan sesuai pedoman Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di Tempat Uji Kompetensi (TUK) terakreditasi.

Kepada para peserta uji kompetensi yang dinyatakan lulus diberikan Sertifikat Kompetensi yang berlaku untuk jangka waktu tiga tahun.

Dengan demikian, uji kompetensi merupakan bagian dari proses Sertifikasi Kompetensi Kerja yang harus dilakukan secara sistematis, obyektif dan mengacu pada Standar Kompetensi.

Ke-60 asesi yang mengikuti uji kompetensi telah memenuhi persyaratan sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Infrastruktur Keagrariaan Nomor 236/KEP-300.PU.04.01/VI/2020 tentang Standar Persyaratan Uji Peserta Sertifikasi Kompetensi Bidang Survei Kadastral.

Pelaksanaan uji kompetensi dibuka oleh Ediyanto selaku koordinator Program Studi Teknik Geomatika merangkap Penyelenggara TUK dan Harry Kautsar selaku Manajer Sertiifkasi dan Pengawas yang ditunjuk oleh Ketua LSP Geospasial.

Proses pelaksanaan uji kompetensi tersebut diawali dengan pra asesmen yang telah dilakukan pada tanggal 8 November 2022 melalui media zoom meeting.

Kegiatan pra asesmen turut dihadiri Kepala Sub Direktorat Pembinaan Pejabat Fungsional dan Surveyor Berlisensi Kementerian ATR/ BPN Agus Indra Murti; Ketua LSP Geospasial Juniarto Prasetyo; Koordinator Program Studi Teknik Geomatika UPN Veferan Ediyanto; Asesor dan para calon peseta ujian.

Dalam kata sambutan pra asesmen, Agus Indra Murti memberi semangat kepada para calon peserta untuk melaksanakan ujian dengan percaya diri dengan kemampuan dan kompetensi yang telah dimiliki.

“Yang akan kalian hadapi besok adalah bukan ujian, tetapi hanya menunjukkan pada asesor terhadap kemampuan dan pengalaman yang telah dimiliki selama bekerja sebagai surveyor” kata AIM panggilan akrab Agus Indra Murti.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LSP Geospasial Juniarto menekankan pada calon peserta ujian untuk memberikan data sesuai dengan persyaratan jenjang kepangkatan yang diambil.

“Setelah semua persyaratan pendaftaran terkumpul, Asesor melakukan verifikasi bukti-bukti secara obyektif dan sistematis sesuai persyaratan skema sertifikasi dan persyaratan aspek kecukupan VATM atau Valid, Asli, Terkini dan Memadai,” pungkas Junjarto.

Penulis : Juniarto Rojo Prasetyo

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *