Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Partisipatif

 166 total views

Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat gelar sosialisasi pengawasan Pemilihan partisipatif di Sartika Guesthouse(21/11) dengan mengundang Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat Kabupaten Pesisir Barat.

Read More

Acara digelar dengan menghadirkan 2 narasumber Eksternal, yakni Zaini Santoso, S.Pd, S.H (Forum Komunikasi Pondok pesantren) Agus Mawardi (Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Pesisir Barat), dan dari Internal Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Muhammad Teguh, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Irwansyah S.H.I, Anggota Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi masyarakat dan Hubungan masyarakat Heri Kiswanto S.Sos.I dan Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Abd.Kodrat S, S.H.,M.H.

Para peserta diberi paparan dari narasumber tentang pentingnya dukungan masyarakat dalam menciptakan pemilu yang aman, damai, dan berkualitas. Peran masyarakat dalam pengawasan sangat dibutuhkan untuk menciptakan Pemilu yang bermartabat, minim pelanggaran, bebas politik uang, dan bebas dari isyu SARA, hoax dan ujaran kebencian.

Para peserta sosialisasi sangat antusias mengikuti acara tersebut yang dikemas secara santai tapi serius oleh para narasumber. Metode yang digunakan dengan paparan, penayangan slide materi dan diskusi membuat para peserta sosialisasi bersemangat untuk mengikuti acara sampai selesai.

Anggota Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Heri Kiswanto S.Sos.I., berharap dengan pelibatan para tokoh di dalam pengawasan Pemilu akan membuat Pemilu di Kabupaten Pesisir Barat berlangsung dengan aman, damai, dan bermartabat. Para tokoh masyarakat, Tokoh Agama, maupun para tokoh adat akan menjadi panutan di daerahnya sehingga peran mereka akan sangat berpengaruh terhadap kondisi wilayah setempat.

Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat tidak bisa bekerja sendiri. Untuk itu, Bawaslu membutuhkan dukungan dari semua masyarakat agar dapat bersama-sama mengawasi, agar tercipta Pemilu yang aman, jujur dan demokratis.
“Kami berharap masyarakat bersama-sama dengan kami Bawaslu, dapat ikut mengawasi dan mensukseskan jalannya Pemilu 2024,” ujar Heri

Di penghujung acara menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Irwansyah S.H.I, Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahamanan tentang bagaimana pengawasan partisipatif yang harus dilakukan oleh masyarakat selama berjalannya tahapan Pemilu 2024.
“Kami ingin menciptakan Pemilu yang berkualitas dan sesuai dengan Tagline kami yaitu ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu’ maka kami wajib melibatkan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Pesisir Barat untuk bersama-sama mengawasi dan mensukseskan Seluruh Tahapan Pemilu Serentak mendatang” jelas Irwan.

Sebelum penutupan Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Muhammad Teguh memberikan Harapan dari Bawaslu dengan melaksanakan sosialisasi ini, para peserta sosialisasi yang memiliki peran strategis di masyarakat ini bisa meneruskan materi tersebut kepada segenap elemen masyarakat. Karena tidak semua pelanggaran terjadi karena kesengajaan melainkan karena masyarakat belum memahami regulasi. Oleh sebab itu, untuk menjaga komitmen Bawaslu yang akan selalu mengdepankan pencegahan, Bawaslu mengharapkan masyarakat memahami dan tidak melakukan pelanggaran sehingga tercipta Pemilu 2024 yang bersih dan berintegritas.

Setelah penutupan dilaksanakan, dilanjutkan dengan Sesi Foto Bersama dan penanda tanganan Komitmen Bersama Seluruh peserta yang hadir di tempat yang telah di sediakan Panitia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *