Diskop & UKM Kabupaten Dompu Gelar Pelatihan Kewirausahaan Pelaku Usaha Mikro

 27 total views,  1 views today

Dompu.NTB.Globalinvestigasinews.com.

Read More

Dalam rangka mendorong dan menumbuhkembangkan pelaku usaha mikro yang sehat dan tangguh dewasa ini maka Pemerintah Daerah melalui leading sektor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu melaksanakan pelatihan bagi para pelaku usaha mikro se Kabupaten Dompu, yang bertempat di aula gedung Mukshin Kelurahan Bada Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, Senin ( 21/11/2023 ), selama empat hari ( dari tanggal 21 – 24 Nopember 2023 ).

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai pagu dana alokasi khusus tahun anggaran 2022 dan dikuti sekitar 40 orang peserta dari tujuh Kecamatan minus Kecamatan Pekat dan di pandu oleh tujuh orang Nara sumber berkompeten baik dari dinas instansi terkait maupun para akademisi STIE YAPIS Dompu.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu H.Khaerul Insan SE ME saat di konfermasi awak media memaparkan kewirausahaan itu dapat di artikan sebagai pelaku usaha yang berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha Tampa di liputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi yang tidak pasti.

“Terkait hal itu guna menjadikan para pelaku usaha yang berani dan smart maka Dinas Koperasi dan UKM melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi para pelaku usaha mikro tingkat Kabupaten Dompu., ucap Dae Mpera sapaan akrab Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu.

Next Kadis, dalam teori kewirausahaan di pandang sebagai inovator utama dan sebagai pendorong utama ekonomi masyarakat dan menciptakan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha mikro dan koperasi khususnya.

Kegiatan pelatihan ini di hajatkan dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan wawasan intrepreneur, manejemen usaha serta aspek administrasi legalitas usaha bagi para pelaku usaha mikro di daerah ini.terang Kadis Koperasi dan UKM.

Selain itu kata dia, di era industrialisasi informasi tehnologi Komonikasi saat ini pengembangan kewirausahaan UMKM sebagai salah satu isu strategis yang perlu mendapatkan perhatian kita bersama utamanya dalam memastikan pengembangan kebijakan yang kondusif dalam mendukung program Jara Pasaka yang dicanangkan Bupati Dompu H.Kader Jaelani menuju masyarakat Dompu yang Mashur.

Selai itu menurutnya, gelombang revolusi industri digital yang pesat saat ini membawa perubahan fundamental dalam tatanan kehidupan usaha kecil maupun menengah, hal ini di tandai dengan semakin berkembangnya kreativitas, inovasi dan etos kerja dengan memanfaatkan teknologi informasi yang pada endingnya mendisrupsi berbagai sendi global,termasuk persaingan dalam bidang usaha maupun ekonomi masyarakat, terangnya.

Dengan melihat tantangan tersebut kata Kadis, seluruh pelaku usaha kecil makro maupun koperasi akan di bekali dengan pendidikan dan pelatihan seperti saat ini. Dimana dalam pelatihan ini akan meningkatkan ilmu pengetahuan pengelolaan usaha yang baik dan benar.

“Menjadi wirausaha yang sukses dan berhasil tidak selamanya memilki modal yang besar tapi ilmu pengetahuan yang kurang mendukung maka acap kali usahanya akan gagal atau tidak berhasil.” Tambahnya.

Kegiatan ini dimaksudkan guna menambah wawasan dan pengetahuan bagi para wirausaha muda dalam mengelola usahanya lebih baik lagi seiring dengan perkembangan usaha makro di era industrialisasi informasi digital saat ini, berjalan dengan lancar dan aman sebagaimana yang diharapkan, sehingga outputnya menciptakan kewirausahaan dan pelaku usaha mikro yang sukses dan tangguh di Kabupaten Dompu. pungkasnya. Jurnalis, Rdw/ddo .

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *