Kasatbinmas Polres Lebak Polda Banten Hari ini Giat Sosialisasi Kenakalan Remaja Di SMAN 2 Rangkasbitung

 45 total views,  1 views today

LEBAK-BANTEN, GLOBALMEDIATAMA.COM – Kasatbinmas Polres Lebak Polda Banten, bersama Personel Satbinmas Polres Lebak, masih gencar giat pembinaan dan penyuluhan (Binlu) Kenakalan Remaja di tingkat SMA/SMK. Kali ini Binlu di lakukan bertempat di Aula SMA Negeri 2 Rangkasnya Pada Rabu (23/11/2022) pukul 08.00 wib s/d selesai.

Read More

Kegiatan tersebut di hadiri oleh, Kepala SMA Negeri 2 Rangkasbitung Wahyudi Widodo,M.Pd, Kasatbinmas Polres Lebak IPTU Subara,S.IP, Kanit Bintibsos Satbinmas Polres Lebak BRIPKA Dedy Wahyudin,SE, MM beserta personel Bintibsos BRIPKA H.Asep Willyanto,SH dan BRIPKA Endang. Serta Personel Polmas BRIPKA David Sambora, Wakasek, Dewan guru dan staf, serta di ikuti siswa siswi SMA Negeri 2 Rangkasbitung.

Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan,SIK,MH, melalui Kasatbinmas Polres Lebak Polda Banten IPTU Subara,S.IP, menuturkan,
“Gencar giat pembinaan dan penyuluhan (Binlu) kenakalan remaja hari ini, bertujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) diantaranya yaitu, tentang ilmu pengetahuan hukum pidana dan hukum rambu – rambu lalu lintas,” Ungkapnya.

“Sehingga akan menjadi siswa siswi yang cerdas dan berbudi luhur, sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam. Remaja merupakan aset masa depan dari suatu bangsa, di samping hal-hal yang menggembirakan dengan kegiatan positif, dan prestasi yang diraihnya,” Jelas Subara.

“Yang diketahui oleh kita juga melihat arus kemorosotan moral, yang semakin melanda di kalangan sebagian pemuda-pemudi kita, yang sering terkenal dengan sebutan kenakalan remaja. Dalam pemberitaan dimedsos, sering kali kita menemui berita tentang Pergaulan Bebas, Perkelahian Pelajar, penyebaran narkotika, minuman Alkohol, Bahaya HIV/ AIDS, dan bahaya meokok,” Tegas Subara.

“Hal tersebut merupakan suatu masalah dari kenakalan remaja, yang dihadapi oleh Masyarakat yang kini semakin marak terjadi. Oleh karena itu masalah kenakalan remaja seharusnya mendapatkan perhatian yang serius dan terfokus untuk mengarahkan remaja ke arah yang lebih positif, yang tujuannya untuk terciptanya suatu system dalam menanggulangi kenakalan dikalangan remaja,” Tambah Kasatbinmas Polres Lebak IPTU Subara,S.IP.

Dalam Pelaksanaan Kegiatan kali ini, materi yang diberikan oleh masing-masing Narasumber antara lain, Etika Berbusana yang Baik dan Sopan santun, Bahaya Narkoba dalam lingkungan remaja, tauran dan Bahaya HIV AIDS dikalangan anak remaja, serta tertib berlalulintas lintas saat berada di jalan raya.

Dalam kesempatan yang sama Kanit Bintibsos Satbinmas Polres Lebak BRIPKA Dedy Wahyudin,SE,MM, melalui BRIPKA H.Asep Willyanto, SH mengatakan,
“Bahwa Rasa ingin tahu anak remaja jaman sekarang melebihi Batas, sehingga muncul keinginan untuk mencoba dan mengikuti jaman modern, itu merupakan penyebab dari meningkatnya kenakalan remaja,” Katanya.

Willy menambahkan,
Upaya dalam mengatasi kenakalan remaja yaitu,
“Menguatkan sikap mental remaja, supaya mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapinya, memberikan pendidikan, bukan hanya dalam penambahan pengetahuan dan keterampilan, melainkan pendidikan mental dan pribadi melalui pengajaran agama, serta budi pekerti dan etika.

“Menyediakan sarana-sarana, dan menciptakan suasana yang optimal, demi perkembangan pribadi yang wajar. Memberikan wejangan secara umum, dengan harapan dapat bermanfaat, Memperkuat motivasi atau dorongan untuk bertingkah laku baik, dan merangsang hubungan sosial yang baik. Mengadakan kelompok diskusi dengan memberikan kesempatan mengemukakan pandangan, dan pendapat para remaja, dan memberikan pengarahan yang positif, serta memperbaiki keadaan lingkungan sekitar, keadaan sosial keluarga, maupun Masyarakat di mana banyak terjadi kenakalan remaja,” Tutur Willy.

“Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang, dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. sikap tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya,” Ucap Willy.

Kepala SMA Negeri 2 Rangkasbitung Wahyudi Widodo,M.Pd, tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan,SIK,MH, melalui kasatbinmas Polres Lebak IPTU Subara,S.IP, dan personel Satbinmas Polres Lebak,

“Saya selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Rangkasbitung, sangat berterimakasih kepada Kapolres Lebak melalui kasat Binmas Polres Lebak dan personel Satbinmas Polres Lebak, yang hari ini sudah memberikan pembinaan dan penyuluhan (Binlu ) kenakalan remaja kepada siswa siswi SMA Negeri 2 Rangkasbitung,” Katanya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kapolres Lebak mekalui kasatbinmas Polres Lebak, yang telah memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada siswa siswi SMP Negeri 1 Cimarga, melalui tim Satbinmas Polres Lebak,” Ujar Wahyudi.

“Sebagai tenaga pengajar, bahwa kami terpesona dengan siswa siswi kami dengan adanya kejadian yang marak akhir-akhir ini. Dengan adanya pembinaan dan penyuluhan dari tim Satbinmas Polres Lebak, semoga siswa siswi SMA Negeri 2 Rangkasbitung khususnya, terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan, terutama kenakalan remaja, karena hal itu akan sangat merugikan bagi mereka,” Imbuh Wahyudi.

“Semoga apa yang di sampaikan oleh tim Satbinmas Polres Lebak kepada anak didik kami, menjadi motivasi bagi mereka. Sehingga menjadi manusia yang lebih baik lagi, dan menjadi manusia yang bermanfaat, dan juga berguna bagi keluarga serta di lingkungan Masyarakat,” Pungkas
Kepala SMAN 2 Rangkasbitung Wahyudi Widodo,M.Pd.

Kegiatan sosialisasi hari ini di SMA Negeri 2 Rangkasbitung, berjalan dengan lancar dan tertib.

(ALFIAN)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *