Diskominfo Optimalkan Infrastruktur Jaringan hingga Tranformasi Digital Melalui TTE dan Open Data

 331 total views

Diskominfo Optimalkan Infrastruktur Jaringan hingga Tranformasi Digital Melalui TTE dan Open Data

Read More

Akselerasi Pembangunan Digital Melalui Untuk menjaga keamanan sistem inforFiber Optik masi di Kabupaten Bogor, pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Di era teknologi digital dan keterbukaan informasi publik seperti saat ini, keberadaan Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Bogor terus berupadan informatika merupakan tulang punggung transya mengoptimalkan capaian Indeks Indeks formasi digital, keterbukaan informasi publik, mencipKeamanan Informasi (KAMI).takan masyarakat melek digital, desa cerdas (smart village) juga Kabupaten cerdas (smart city), layanan Hal itu dilakukan melalui beberapa program telekomunikasi melalui pembangunan akses infrakegiatan yakni, Computer Security Incident struktur jaringan yang terkoneksi hingga pelosok desa, tal dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Response Team (CSIRT), Penerbitan Tanda ilaku masyarakat yang secara bertahap mengadopsi gaya hidup digital dalam setiap kegiatan di era globalserta menjaga keamanan informasi.

Elektronik yang dikeluarkan oleh PenyelengTangan Elektronik esign.bogorkab.go.id, IT isasi. Pemerataan akses informasi dari kota hingga ke Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bogor gara Sertifikasi Elektronik.daerah pelosok menjadi fokus pembangunan Security Assessment, Jamming & Sterilisasi Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Kemudian PP No.82 tahun 2012 PSTE masyarakat era digital.Ruang Rapat, Keamanan Informasi, SSL dan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 12 Tahun 2016 tendan Pasal 41bahwa Penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas vulnerability assessment (ITSA) aplikasi Pemtang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Transaksi Elektronik dalam lingkup publik Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten da. Peraturan Bupati Bogor Nomor 122 Tahun 2021 tenatau privat yang menggunakan Sistem ElBogor terus mengakselerasi pembangunan infratang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan ektronik untuk kepentingan pelayanan pubAsistensi Pemanfaatan Tanda Tangan struktur digital di wilayah Kabupaten Bogor.

Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Inlik wajib menggunakan Sertifikat Keandalan Tahun 2022 ini, Diskominfo Kabupaten Bogor Elektronik (TTE) formatika. dan/atau Sertifikat Elektronik.tengah membangun jalur fiber optik di enam kecamaSerta Peraturan Daerah Kabupaten Bogor NoSerta Kebijakan Pemerintah Kabupaten tan, yang terdiri dari Kecamatan Cibinong, Citeureup, Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik mor 2 Tahun 2018 tentang Lembaga Penyiaran Publik Bogor, pertama Peraturan Bupati Bogor NoTajurhalang, Bojonggede, Sukaraja dan Bababakan (TTE) bertujuan untuk memberikan KemuLokal Radio dan Televisi. mor 77 Tahun 2021 Tentang Tata Kelola Madang. “Untuk melayani 90 titik layanan mulai dari dahan, Kecepatan, Keutuhan, Keaslian Berbagai upaya terus dilakukan Diskominfo KaPenggunaan Sertifikat Elektronik di LingPerangkat Daerah, Kecamatan dan Kelurahan se CibiMencegah Pemalsuan & Penyangkalan bupaten Bogor, untuk mendukung terwujudnya Siskungan Pemerintah Kabupaten Bogor. nong raya, serta optimalisasi wifi publik di Cibinong Data/Informasi Transaksi E-government. tem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di KabuKemudian Perjanjian Kerja Sama (PKS) Antaraya,” ungkap Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Berdasarkan UU ITE Pasal 1 ayat 12, paten Bogor dilakukan melalui berbagai program yakra Diskominfo Pemerintah Kab. Bogor Bayu Ramawanto.bahwa Tanda Tangan Elektronik adalah ni, Integrasi Aplikasi, Pembuatan Aplikasi, Jaringan dengan BSrE dan SOP Penerbitan Tanda Untuk tahun 2023 mendatang pembangunan FO tanda tangan yang terdiri dari atas informaFiber Optik, Wifi Public, Data Center, E-Office & Email Tangan Eletronik.akan terus dilanjutkan, rencananya akan dibangun di si elektronik yang dilekatkan, terasosiasi, Official, Service Desk, Domain Bogorkab, Smartcity, Implementasi TTE di Kabupaten Bogor empat kecamatan yakni Kecamatan Kemang, Parung, atau terkait dengan informasi elektronik Hosting Aplikasi/Webdan Layanan 112.saat ini sudah ada 19 Perangkat daerah dan Ciseeng dan Gunungsindur. lainnya yang digunakan sebagai alat verifiSalah satu bentuk kemajuan yang terjadi seiring 17 Kecamatan atau sebanyak 9382 dokumen kasi dan autentikasi.perkembangan dari peradaban manusia adalah perDi era digitalisasi seperti saat ini TTE memang penting untuk dilakukan, hal itu tertuang dalam beberapa dasar hukum penerapan sertifikat elektronik yakni, UU ITE (2008) dan PP PSTE (2012) bahwa, sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat tanda tangan digiimbuhnya.

Layanan Open Data Dua ArahNamun baru dikembangkan tahun 2022 ini, kini open data sudah bisa dilakukan dua arah.“Sehingga pemohon data bisa berSejak Presiden Joko Widodo menetapinteraksi, seperti menyampaikan pertankan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun yaan, masukan hingga saran. Bahkan 2019 tentang Satu Data Indonesia (Perpres menyampaikan data apa saja yang mereka SDI) pada 12 Juni 2019. Satu Data Indonesia cari dan butuhkan. Berdasarkan data ada adalah kebijakan tata kelola data sekitar 27.881 masyarakat yang telah mepemerintah untuk menghasilkan data yang manfaatkan layanan open data Kabupaten akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat diperOptimalkan Penyelenggaraan KIP, Hingga enam besar tingkat nasional.Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Bogor,” tutur Bayu.tanggungjawabkan, serta mudah diakses Ramawanto menyatakan, apresiasi dan terima Peroleh Penghargaan Terbaik Tingkat Jawa Kini dari empat Kabupaten/Kota sedan dibagipakaikan antara instansi pusat kasih kepada jajaran tim Diskominfo atas Jawa Barat Kabupaten Bogor menjadi salah Barat dan instansi daerah.penghargaan yang diraih. Menurutnya satu Kabupatean yang layanan open datanPemerintah Kabupaten Bogor melalui penghargaan yang diraih merupakan sebuah Diskominfo senantiasa melakukan berbagai ya sudah terintegrasi dengan Pemerintah Diskominfo Kabupaten Bogor terus tantangan serta jadi pemicu supaya ia bersama upaya untuk mengoptimalkan dan mencapai Provinsi Jabar. melakukan pengembangan layanan open seluruh jajaran Diskominfo lebih memberikan Indeks Keterbukaan Informasi Publik di Kabu“Pengembangan terus kita lakukan, data untuk memberikan kemudahan kepapelayanan terbaik kepada masyarakat dalam paten Bogor, demi terciptanya pelayanan inuntuk memberikan kemudahan akses dan da masyarakat dalam mendapatkan data. rangka menghadapi era digital 4.0.formasi yang terbaik guna memenuhi kebumembagi pakaikan antar instansi pusat dan Layanan open data ini tertuang dalam Pera”Penghargaan yang kita terima hendaknya tuhan informasi masyarakat. daerah juga masyarakat melalui pemenuturan Bupati Bogor Nomor 18 tahun 2021 tidak menjadikan kita puas cukup sampai Dilakukan melalui berbagai program han standar data.

Open data ini syarat muttentang penyelenggaraan satu data Indonedisini, tapi penghargaan ini jadi sebuah tankegiatan sebagai berikut, Publikasi Kinerja, lak ketika menangani statistik sektoral, kasia di Kabupaten Bogor.tangan untuk bagaimana kita bisa mengimpleLayanan Kehumasan, Pengelolaan Media Inforrena harus dibagi pakaikan setidak-tidaknya Bahkan kini layanan open data bisa mentasikannya kepada masyarakat,” terang masi (Web, Medsos, Videotron, Majalah, Radio bisa berbagi pakai ketika masyarakat memdilakukan dua arah antara pemohon data Bayu. Bayu menambahkan, dirinya juga sangat Teman FM), Penyelesaian Sengketa Informasi. butuhkan data,” tandasnya. (Publikasi dengan penyedia data. Layanan open data Kemudian Penyediaan Pelayanan Informasi Kinerja/Diskominfo Kabupaten Bogor)telah dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu. apresiasi terhadap raihan prestasi yang diraih Publik dan Pengaduan Masyarakat.kecamatan dan desa. Itu membuktikan adanya Bahkan beberapa waktu lalu, Diskominfo atensi dari masing-masing kecamatan dan desa Kabupaten Bogor berhasil meraih pengharsehingga bisa membuahkan hasil prestasi. gaan pada ajang Humas Jabar Award Tahun “Saya harap tidak hanya Kecamatan 2022 yang diselenggarakan Pemerintah ProvinCileungsi saja atau Desa Bojongkulur saja. si Jawa Barat. Salah satunya meraih pengharMasih banyak potensi yang ada di wilayah Kagaan terbaik ke II tingkat Provinsi Jawa Barat bupaten Bogor yang harus kita munculkan,” Pengelolaan Media Sosial Pemerintah Daerah terangnya. Untuk lebih memotivasi agar bisa Kabupaten Bogor (@kabupaten.bogor).terus mempertahankan dan meningkatkan Tidak hanya itu, dipenghujung tahun 2022 prestasi, pihaknya akan terus meningkatkan kali ini Dinas Komunikasi dan Informatika pembinaan, pemenuhan sarana dan prasarana (Diskominfo) Kabupaten Bogor berhasil masuk dan lainnya. “Bentuk apresiasi kami kepada nominasi pada ajang Anugerah Media Humas seluruh jajaran staf, kami akan berikan per(AMH) Tahun 2022, pertama nominasi katehatian pemenuhan berupa fasilitas sarana dan gori media audio visual kedua kategori kampaprasarana, sehingga jajaran staf kami akan nye komunikasi publik dan berhasil masuk lebih produktif lagi. Semangat yang sudah terbangun tetap dijaga bahkan ditingkatkan,”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *