Deteksi Dini, Lapas Dompu Lakukan Pemeliharaan Gembok Blok Hunian WB

 51 total views,  1 views today

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Read More

Guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban yang tidak di inginkan, selasa (6/12/2022) sekitar pukul 10.00 Wita, Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu Kanwil Kemenkumham NTB melakukan pemeliharaan perawatan sarana dan prasarana berupa gembok dan kunci di seluruh blok hunian.

Kalapas Dompu H. A.Halik S.sos dalam konferensi pers menjelaskan bahwa giat ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kewaspadaan gangguan kemanan dan ketertiban sesuai Permenkumham 33/2015 tentang standar pengamanan pada Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia khususnya Lapas II B Dompu NTB.

“Pembersihan gembok dan kunci karena kondisi cuaca di Lapas Dompu tidak bersahabat, karena kadang panas dan dingin menjadi cepat berkarat dan rusak sehingga harus selalu kita kontrol, mengingat ada kejadian-kejadian tempat lain, sebagai deteksi dini terjadinya ganguan keamanan dan ketertiban,” jelas Kalapas via Ka. KPLP Lapas Kelas IIB Dompu, Ardian Timor Ilman.

Menurut Ilman sapaan akrab Ka.KPLP Lapas Dompu, perawatan gembok dan kunci di seluruh blok hunian dilakukan sekitar 6 bulan sekali namun untuk pembersihan dilakukan setiap bulan, tuturnya.

“Jika ditemukan gembok atau kunci rusak, lanjut dia, langsung diganti karena ada anggaran peremajaan dan pemeliharaan dari Pemerintah”, jelasnya dengan lugas.

“Gembok dan kunci di Lapas Kelas IIB Dompu ada sejumlah 40 buah,” kemudian di tempat yang sama lanjut Kasi Kamtib, Mustamin tambahkan, mengenai kapasitas di Lapas Dompu mengalami over kapasitas yang mana saat ini dihuni sebanyak 393 warga binaan sedangkan kapasitas normalnya yaitu 148 orang Nara pidana.

Diharapkan dengan telah terlaksana kegiatan tersebut, dapat menjadi awal yang baik bagi Ka. KPLP, Kasi Kamtib dan seluruh regu pengamanan, sehingga dapat terciptanya kekompakan dalam pelaksanaan tugas dan semoga keadaan keamanan dan ketertiban lapas Dompu pasti aman dan terkendali dengan baik, Pungkas Kalapas Dompu. Jurnalis, Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *