Pemda Kab. Mesuji Melalui Dinas Ketahanan Pangan Bagikan Beras Cadangan Pangan Dan Bantuan Kegiatan Kepada Masyarakat

 52 total views,  1 views today

Mesuji – Dalam rangka penanganan dampak inflasi yang juga bersamaan dengan hari natal dan tahun baru dimana kebutuhan dan harga bahan pokok meningkat, Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Ketahanan Pangan membagikan bantuan beras cadangan pangan dan bantuan kegiatan pada dinas kesehatan pangan kepada masyarakat,
Kegiatan tersebut di laksanakan di Desa Mukti Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (27/12/2022).

Read More

Bantuan bantuan tersebut di serahkan secara langsung oleh PJ Bupati Mesuji Drs Sulpakar MM didampingi oleh kepala dinas ketahanan pangan Arif Dwiyanto

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di daerah perlu adanya penyediaan cadangan pangan bagi masyarakat.

“Pemkab Mesuji berupaya agar masyarakat tetap dapat memperoleh bahan pangan. Bantuan beras cadangan ini dilakukan untuk menjaga kondisi ketahanan pangan agar tetap stabil bagi masyarakat yang membutuhkan,” terangnya

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Arif Dwiyanto dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya telah membagikan 414 paket beras kepada Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 4 Kecamatan yang bukan produsen beras dan 22 Desa yang masuk prioritas penanganan daerah rawan pangan berdasarkan hasil pemetaan FSVA (Food Security and Vulnerability Atlas) Tahun 2022.

“Dengan masing masing Kepala Keluarga menerima bantuan beras sebanyak 10 Kilogram untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.

Selain memberikan bantuan beras, kata Arif Dwiyanto, dalam penanganan dampak inflasi ini juga memberikan bantuan berupa tanaman pekarangan berupa bibit sayuran dan peralatan pertanian sederhana kepada enam kelompok wanita tani (KWT) yang berlokasi di 6 Desa yang berbeda dengan alokasi bantuan masing masing KWT sebesar 15 Juta Rupiah.

“Bantuan ini guna peningkatan pendapatan keluarga melalui pemberdayaan perempuan, sekaligus pemanfaatan lahan pekarangan untuk memenuhi ketahanan pangan keluarga,”paparnya.

Selain itu, Dinas Ketahan Pangan juga di Tahun 2022 melaksanakan kegiatan pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat Desa ( LPMDes) di 4 Desa yang akan di serahkan kepada Gapoktan penerima bantuan yang berbeda berupa paket pembangunan lumbung pangan beserta peralatan penggilingan padi seperti RMU dan BED DRYER.(Rls/Suryadi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *