Plt. Bupati Bogor : Kerja Kolaborasi Lahirkan Prestasi Membanggakan Di Hampir 4 Tahun Periode RPJMD

 51 total views,  1 views today

Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Selasa, 27 Desember 2022

Read More

Plt. Bupati Bogor : Kerja Kolaborasi Lahirkan Prestasi Membanggakan Di Hampir 4 Tahun Periode RPJMD

CIBINONG-Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan hampir genap 4 tahun periode RPJMD 2018-2023 yang penuh ujian dan tantangan. Alhamdulillah, berkat kerja keras, sinergi, kolaborasi, solidaritas, dan kekompakan semua pihak, semua dapat diatasi dan meraih berbagai pencapaian serta prestasi yang membanggakan.

Hal tersebut diungkapkan Iwan Setiawan pada acara Refleksi Akhir Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (27/12). Hadir pada acara tersebut Anggota DPR RI, Fadli Zon, Forkopimda Kabupaten Bogor, jajaran anggota DPRD Kabupaten Bogor, Sekretaris Daerah (Sekda), Ketua TP PKK Kabupaten Bogor, Rektor Universitas Pertahanan, perwakilan Kostrad, Korem 061 Suryakencana, dan Lanud Atang Sanjaya, serta seluruh jajaran stakeholder Kabupaten Bogor.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan, kita sudah berada di penghujung tahun 2022, kita sudah banyak melewati tantangan dan rintangan dalam keadaan suka dan duka. Dibalik itu semua terdapat keteguhan serta kekuatan yang didasari asas kekeluargaan diantara kita semua.

“Dengan berakhirnya tahun anggaran 2022, saya beserta Forkopimda dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor berharap seluruh program yang sudah dilaksanakan pada tahun 2022 dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat. Dan keinginan untuk mewujudkan Kabupaten Bogor termaju, nyaman, dan berkeadaban dapat terealisasikan dengan baik dan lancar,” jelas Iwan.

Iwan menerangkan, menjelang akhir tahun selalu kita lakukan refleksi, tujuannya adalah untuk mengevaluasi bagaimana jalannya kegiatan pelayanan Pemkab Bogor kepada masyarakat. Dan di sisa satu tahun kedepan kita akan koreksi program apa yang sudah dan belum kita laksanakan.

“Satu hal yang kami banggakan di Kabupaten Bogor, saya bersama ibu Ade Yasin merancang hal yang mungkin di kabupaten se-Indonesia, baru ada di Kabupaten Bogor, yakni bantuan keuangan untuk desa yakni Satu Milyar Satu Desa (Samisade). Pada kesempatan ini, kami meminta dukungan dalam pelaksanaannya, agar program unggulan ini bisa betul-betul dirasakan masyarakat di desa,” terang Iwan.

Iwan mengatakan, sudah banyak yang belajar ke Kabupaten Bogor tentang bagaimana menyusun APBD khususnya untuk anggaran Samisade yang anggarannya di atas 400 milyar rupiah. Program yang sudah mendapatkan pengakuan dan penilaian baik ini akan kami teruskan. Kami minta kepada kepala desa untuk menjaga amanah ini agar berjalan dengan baik.

“Kemudian dengan kerja-kerja kolaborasi, kami ingin dalam satu periode ini terbangun 100 jembatan rawayan. Jembatan ini keberadaannya sangat bermanfaat dan membuka akses wilayah-wilayah yang terpencil,” ujarnya.

Anggota DPR RI, Fadli Zon menuturkan dirinya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bogor dengan tantangannya sendiri, mampu menjalankan program-program pembangunan baik fisik maupun sumber daya manusia. Jadi pembangunan ini harus terus digenjot apalagi Kabupaten Bogor penduduknya sangat besar dan wilayahnya sangat luas.

“Kami sangat mendukung apa yang dilakukan Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan karena ini merupakan bagian yang harus kita pertanggungjawabkan kepada masyarakat di Kabupaten Bogor,” tutur Fadli Zon.

Untuk diketahui, hampir genap 4 tahun periode RPJMD 2018-2023 yang penuh ujian dan tantangan. Dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi, tahun 2022 perbaikan kondisi perekonomian sangat signifikan, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bogor saat ini 5,20%, tumbuh 46,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

PDRB tumbuh 7,58%, dari 248,93 triliun menjadi 267,79 triliun rupiah, menempatkan Kabupaten Bogor masih sebagai salah satu kabupaten penghasil PDRB terbesar di Indonesia.

Angka kemiskinan yang hampir 2 tahun terus meningkat dampak pandemi Covid-19, tahun 2022 ini sudah mampu kita tekan di angka 7,73%, dari sebelumnya 8,13%. Selain itu Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sudah dapat diturunkan, dari 12,22% menjadi 10,64%.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 70,60 poin menjadi 71,20 poin, disebabkan kenaikan pada komponen pembentuknya seperti rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, usia harapan hidup, dan pengeluaran per kapita.

Dalam pembangunan desa, Kabupaten Bogor menempati peringkat 7 Indeks Desa Membangun (IDM) tertinggi se-Jawa Barat, ke-50 dari 434 kabupaten se-Indonesia dan ditetapkan sebagai kabupaten maju oleh kemendes RI.

Dan baru-baru ini meraih predikat sebagai kabupaten terinovatif ke 2 se-Indonesia dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Kemendagri, serta berbagai capaian dan prestasi lainnya. Peningkatan hampir di semua sektor pembangunan menandakan bahwa sejauh ini Pemerintah Kabupaten Bogor sudah on the track.

Kemudian, pada acara tersebut juga dilaksanakan penghargaan pemberi inspiratif tahun 2022. Untuk kategori inspiring employee yakni Rini Kusumawati, inspiring institution yakni Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda), inspiring leader yakni Kepala Desa Gunung Putri Daman Huri, Camat Cariu Bangbang Padmanegara, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Ajat Rochmat Jatnika.

Selanjutnya kelurahan terbaik tahun 2022, yakni Kelurahan Padasuka Kecamatan Ciomas. Awak kendaraan umum teladan dan employee of the month, serta penghargaan most engaging in social media atas kontribusinya memberikan informasi digital melalui sosial media yakni Desa Bojongkulur, Kecamatan Cileungsi, dan Dinas Pemadam Kebakaran.

Penghargaan pemberi inspiratif juga diberikan kepada Badan Pengelola Air Bersih Berkah, Forum Kampung Ramah Lingkungan, Komunitas Olahraga, Pemuda Pelopor Inspiratif, atlet menginspirasi, youtuber inspiratif, dan penyanyi inspiratif. (TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)

Ilvan maulana

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *