Top, Jaga Ketahanan Pangan Wilayah Teritorial Kodim 0603/Lebak Lakukan Budidaya Ikan Nila

 58 total views,  1 views today

LEBAK-BANTEN, Globalinvestigasinews.com – Kodim 0603/Lebak, melakukan Budidaya ikan Nila dengan sistem bioflok, di Jalan Hardiwinangun Kecamatan Rangkasbitung, tepatnya di belakang rumah dinas Kasdim 0603/Lebak. pada Rabu (28/12/2022).

Read More

Komandan Kodim 0603/Lebak LETKOL Arh Erick Novianto mengatakan,
“Hari ini pihaknya, melakukan budidaya ikan nila dengan metode Bioflok. Menurutnya, sistem seperti Bioflok saat ini, sudah umum dilakukan oleh Masyarakat, dikarenakan caranya yang terbilang mudah. Karena dalam prosesnya, tidak membutuhkan luas lahan besar, dan tidak membutuhkan air yang banyak.

“Dalam sistem bioflok ini juga, membutuhkan pemeliharaan kondisi air intens, sehingga baik untuk ikan yang dibudidayakan,” Ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, orang nomor satu di satuan Kodim 0603/Lebak ini,
“Progam yang diinisiasi oleh Kodim 0603/Lebak, guna meningkatkan ketahanan pangan di wilayah teritorial, khususnya membantu pemerintah Kabupaten Lebak.

“Diharapkan, melalui program kolam bioflok Kodim lebak dengan menggunakan Bios 44 DC, dapat membantu pemerintah daerah dalam mencukupi kebutuhan ikan untuk konsumsi Masyarakat, khususnya di Wilayah. Kabupaten Lebak,” pungkas orang nomor satu di Kodim 0603/Lebak.

Dari pantauan, dalam budidaya ikan nilai sistem bioflok yang dilakukan Kodim 0603/Lebak, ada yang berbeda dan unik, dimana umumnya kolam bioflok menggunakan campuran Garam Krosok, Dolomit, Probiotik dan molase yang dilarutkan kedalam air kolam, namun pada kolam Bioflok milik Kodim 0603/Lebak ini hanya cukup dengan menggunakan BIOS 44 DC dengan takaran 2 liter per 1 m3 air dikarenakan Bios 44 sudah mencakup bahan campuran kolam bioflok pada umumnya. Selain itu, keunggulannya terdapat substansi dalam Bios 44, yang dapat mempercepat tumbuh kembang ikan nila.

(Alfian)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *