Kabid Humas Polda Jabar : Marak Cikibul, Sambangi Pedagang, Polisi Himbau Warga untuk Tidak Jajan Sembarangan

 92 total views

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH JAWA BARAT BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

Read More

SIARAN PERS
TENTANG

Kabid Humas Polda Jabar : Marak Cikibul, Sambangi Pedagang, Polisi Himbau Warga untuk Tidak Jajan Sembarangan

Saat ini sedang marak pedagang yang menjual jajanan dengan standar kesehatan yang kurang baik. Seperti contohnya jajanan makanan ringan yang disebut Ciki Ngebul atau Cikibul.

Makanan ringan Cikibul merupakan jajanan yang menggunakan campuran nitrogen cair untuk menarik perhatian pembeli karena penampilan makanan tersebut seperti keluar asap saat hendak dimakan.

Padahal, diduga akibat mengkonsumsi makanan Cikibul ini telah ada sejumlah korban yang mengalami keracunan. Bahkan, Kementerian Kesehatan RI sudah mengeluarkan surat edaran kewaspadaan kepada masyarakat terkait bahaya mengkonsumsi Cikibul ini.

Menindaklanjuti himbauan Kemenkes RI ini, Kapolsek Darma, wilayah hukum Polres Kuningan Polda Jabar, terus menggencarkan sosialisasi bahaya jajan makanan sembarangan kepada masyarakat, Selasa (24/1/2023)

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si megatakan bahwa sosialisasi, himbauan dan edukasi ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan agar masyarakat waspada dan terhindar dari bahaya keracunan saat mengkonsumsi makanan yang mengakibatkan gangguan kesehatan.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara rutin oleh Kapolsek bersama jajaran setiap hari dengan cara menyambangi para pedagang dan warga di pinggiran jalan dan sekolah-sekolah.

“Himbauan kepada masyarakat dan padagang ini sasarannya untuk anak-anak dan warga agar tidak jajan sembarangan. Apalagi sekarang sudah terjadi di tempat lain, warga yang keracunan sejenis makanan Ciki yang berasap,” papar Kapolres.

Kepada para pedagang, pihaknya pun menghimbau agar bisa menjual jajanan atau makanan dengan standar kesehatan dan kebersihan yang baik.

“Biar murah tidak apa-apa yang penting standar kebersihan dan kesehatannya diperhatikan. Bahan-bahannya pun dijaga jangan gunakan bahan yang membahayakan kesehatan,” tandasnya.

Bandung, 24 Januari 2023

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *