135 Pejabat Lingkup Pemda Dompu di Lantik Oleh Bupati Dompu

 59 total views,  1 views today

Dompu.NTB.globalinvestigasinews.com.

Read More

Akhirnya, hari- hari indah dan kecewa yang di tunggu-tunggu oleh sejumlah Aparatur sipil Negara terwujud jua, tepatnya pada Rabu sore (25/01/2023) sekira pukul 16.00 Wita, Bupati Dompu H.Abdul Kader Jaelani (AKJ) melantik dan pengambilan sumpah jabatan 135 Pejabat di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

Acara tersebut berlangsung di aula Pandopo Bupati Dompu tepatnya di jalan beringin nomor 1 Kelurahan Doro Tangga Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. Yang di hadiri oleh Bupati Dompu H. Abdul Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Pharsan ST.MT, Ketua DPRD Dompu Andi Bahtiar AMD Par dan sejumlah Anggota Forkopimda serta sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemda Dompu maupun seluruh pegawai negeri sipil yang akan di Lantik/pengambilan sumpah jabatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu.

Prosesi acara di awali dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Dompu nomor 821.220/07/BKD dan PSDM/2023 dan Nomor 821.22/BKD dan PSDM/2023 tentang Daftar Nama Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil yang di Lantik/pengambilan sumpah Jabatan lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu tertanggal 25 Januari 2023 yang di bacakan bergantian oleh pegawai BKD dan PSDM Kabupaten Dompu sejumlah 135 orang pegawai yang akan di lantik.

Dari ratusan orang pejabat yang di Lantik tersebut di dominasi oleh pegawai yang di promosi untuk menduduki jabatan eselonering III A dan III B sedangkan yang menduduki jabatan eselonering II A adalah pejabat lama yang di rotasikan dari jabatan baru di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

Salah satu pejabat lama yang menyoal dan menjadi perhatian publik dalam agenda mutasi kali ini adalah Khaerul Insan SE MM yang sebelumnya sebagai Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu dan jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, SDA, Pembangunan dan infrastruktur Sekretariat Daerah.

Bupati Dompu dalam amanat singkat menyampaikan, Puji syukur kepada Allah SWT dan shalawat serta salam tidak lupa kita sampaikan kepada Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarganya dan para sahabatnya semoga kita semua yang hadir di sini termasuk golongan orang-orang yang mendapatkan syafaatnya di Yaumil akhir kelak.

Mengawali sambutannya,kepada seluruh pejabat yang hari ini dilantik, saya ucapkan sukses dan selamat dengan harapan saya selaku pimpinan daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Dompu kiranya amanah ini harap di laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Perlu di ingat bahwa jabatan bukan warisan yang tak pernah berakhir dan dipertanggungjawabkan, baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak” ucap Bupati dengan nada yang lembut namun penuh arti yang mendalam.

Selanjutnya ada beberapa hal yang krusial yang ia tekankan antara lain, tetap rendah hati dalam menjalankan amanah, melihat ke atas sebagai motivasi bukan untuk jadi rendah diri dan melihat kebawah agar lebih bersyukur bukan untuk menjadi tinggi hati, dalam melaksanakan amanah aparatur sipil negara harus tetap loyal dan tegak lurus dalam menjalankan kebijakan strategis Kabupaten Dompu guna mewujudkan visi misi yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Dompu tahun 2021-2026.

Masih kata Bupati, kesediaan menerima dengan lapang dada berbagai ragam kritikan yang konstruktif dan memojokan akan jauh lebih elegan dari pada sibuk menghakimi dan mengubar kesalahan orang lain dan tidak lupa untuk berintrospeksi/ bercermin diri, jelasnya.

Lebih jauh AKJ mengungkapkan dalam sambutanya, pelantikan dengan penghayatan yang menyentuh nurani dan kesungguhan akan membentuk pribadi yang sadar akan amanah dan tanggung jawab, sehingga hampir tidak ada celah untuk berbuat ingkar terhadap ikrar yang telah di cetuskan.

Kemudian laksanakan tugas pokok dan fungsi jabatan dengan sebaik-baiknya, junjung tinggi kedisiplinan dan profesionalitas, jangan berbuat sesuatu pekerjaan yang menyalahi kebiasaan dan bekerjalah sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Selain itu ucap Bupati bekerjalah sesuai dengan kewenangan dan tidak memutuskan masalah yang bukan tupoksinya serta pergunakan fasilitas sesuai dengan pangkat dan jabatan, harapnya.

Sedangkan hal lain yang di tekankan oleh Bupati adalah berkoordinasi tentang administrasi pertanggungjawaban kegiatan, mempersiapkan serah terima jabatan dan segala fasilitas dinas termasuk kendaraan dinas untuk segera mungkin diserah terimakan kepada pejabat pengganti dan tidak di bawa ke tempat yang baru.

“Saya berharap semua memori tugas, aset dan pelaporan keuangan di bawah tanggung jawab pimpinan OPD pada tahun sebelumnya agar segera diselesaikan dan saya minta kepada Kepala BKD untuk menunda penyerahan SK pelantikan kepada pejabat yang di Lantik apabila laporannya belum di selesaikan”.

Lanjutnya, kepada pejabat yang akan memasuki pensiun agar segera menyelesaikan laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari badan pemeriksaan keuangan agar tidak menjadi masalah atau beban di kemudian hari.

Alhamdulillah indikator mikro pembangunan dan kesejahteraan rakyat Kabupaten Dompu menunjukan trend positif, dimana angka kemiskinan menurun, IPM meningkat, usia harapan hidup lebih lama dan harapan lama sekolah mengalami perbaikan dari tahun 2021 ke tahun 2022 semakin baik, beber Bupati Dompu.

Di tempat yang sama Sekda Dompu Gatot Gunawan Putra Perantau SKM.Mkes di dampingi Kepala BKD dan PSDM mengatakan bahwa proses penempatan dan pengangkatan PNS yang menjabat eselonering II dan III dalam mutasi ini sudah melalui standar dan prosudur yang benar sebagaimana yang di atur dalam peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku, serta di akui oleh Bupati Dompu bahwa kerja tim Baperjakat sudah sangat obyektif, transparan dan profesional.

Tambah Bupati di sela-sela usai pelantikan, bagi seluruh pejabat yang di Lantik tadi khusus pejabat yang di promosi akan kami evaluasi kinerjanya dalam waktu enam bulan semenjak dia di Lantik hari ini, dan apabila ada pejabat yang di Lantik tadi ada unsur lain maka saya akan copot dari jabatanya, pungkas Bupati Dompu. Jurnalis.Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *