Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo Gelar Upacara Hari Bhakti Imigrasi Ke-73

 27 total views,  1 views today

MAKASSAR- Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo, Kamis, 26 Januari 2023, mengikuti Upacara Hari Bhakti Imigrasi ke–73 secara tatap muka. Upacara dipusatkan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar khusus bagi jajaran imigrasi pada Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan. Upacara Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023 ini dihadiri oleh jajaran Kantor Wiayah Kemenkumham Sulawesi Selatan, Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo, dan Rumah Detensi Imigrasi Makassar. Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak.

Read More

Liberti selaku inspektur upacara membacakan Sambutan Menteri Hukum dan HAM RI pada Syukuran Hari Bhakti Imigrasi ke 73 Tahun 2023. Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM RI menegaskan kepada seluruh jajaran imigrasi bahwa ada 6 (enam) hal yang menjadi fokus utama Direktorat Jenderal Imigrasi dalam memberikan percepatan pelayanan keimigrasian. Yang pertama, menindaklanjuti arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk segera menyiapkan kebijakan Golden Visa di Indonesia melalui komunikasi intensif dengan seluruh kementerian, lembaga, dan stakeholder terkait. Yang kedua adalah peningkatan pelayanan publik terutama penerbitan visa on arrival (VOA) dan kartu izin tinggal terbatas (KITAS). Hal-hal tersebut merupakan perintah langsung dari Bapak Presiden untuk segera dilaksanakan agar kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Imigrasi makin meningkat.

Langkah ketiga adalah melakukan terobosan dan inovasi dalam rangka efisiensi serta meminimalisasi berbagai pungutan liar. Tinggalkan cara-cara lama yang menyulitkan masyarakat dalam memperoleh layanan keimigrasian. Langkah keempat adalah meningkatkan kemampuan dan kapabilitas para petugas Imigrasi dan infrastruktur penunjang dalam rangka pengembangan pelayanan keimigrasian. Yang kelima, Menteri Hukum dan HAM RI meminta agar seluruh jajaran insan imigrasi berpedoman pada tata nilai Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), yaitu Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI) dan core value ASN yang sudah dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, yakni Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (BerAKHLAK).

Langkah keenam, Menteri Hukum dan HAM RI juga meminta agar seluruh jajaran Imigrasi dapat mencermati dan mempelajari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Layanan keimigrasian harus sejalan dengan semangat untuk menciptakan kemudahan berusaha di Indonesia dengan tetap memenuhi kriteria dalam rangka menjaga kedaulatan, ketertiban dan keamanan negara serta kepentingan nasional sebagaimana diamanatkan dalam Perppu dimaksud.

Sebagai penutup Menteri Hukum dan HAM RI berpesan kepada seluruh insan imigrasi, Direktur Jenderal Imigrasi yang baru akan memimpin semua insan imigrasi untuk mengarungi lautan luas, taatilah arahannya dan bantulah dia dalam menjalankan tugasnya.Ibarat akar yang menopang pohon, ibarat daun yang menyediakan energi, ibarat bunga yang menebarkan sari, semua orang memiliki tugasnya masingmasing, semuanya penting, saling mendukung dan memperkuat. Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo, para pejabat struktural dan ASN Kantor Imigrasi Kelas III Palopo mengikuti upacara secara khitmad dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *