Kegiatan Silat TTKDH (KSTI) dan Senam Jadi Andalan SDN 1 Tambakbaya

 190 total views

Lebak-Banten, Gintvnews.com – Kegiatan ekstrakurikuler, ibarat menjadi bumbu penyedap dalam sebuah proses pembelajaran di sekolah. Tanpa adanya kegiatan ekstrakurikuler pembelajaran terasa hambar, sebab peserta didik tidak bisa mengembangkan minat maupun potensi yang dimilikinya.

Read More

Hal ini nampaknya diperhatikan betul oleh SDN 1 Tambakbaya, Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak Provinsi Banten, dengan jumlah 180 orang murid dan 7 orang guru pegawai negeri sipil (PNS) serta 1 orang guru pengajar Honorer, serta 1 orang penjaga sekolah.

Buah prestasi yang ada di SDN 1 Tambakbaya, berkat benih kekompakan serta kerja sama yang baik antar guru, dalam membina bakat minat peserta didik melalui ragam kegiatan.

Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Tambakbaya Aat Solihat,SPd,M.Pd, menuturkan,
“Sekolahan kami memiliki kegiatan unggulan, yakni pencak silat TKKDH/ Kumpulan Seni Tradisional Indonesia (KSTI) dan senam. Kegiatan tersebut, sudah berhasil mengharumkan nama SDN 1 Tambakbaya,” Ungkapnya, Pada Sabtu (4/3/2023).

Menurut Aat Solihat,
“Kegiatan Pencak Silat yang diajarkan seminggu sekali, cukup mendapat sambutan yang antusias dari peserta didik. Namun dirinya cukup selektif untuk menimbang keikutsertaan peserta didik di pencak silat. Pencak Silat di SDN 1 Tambakbaya, dikhususkan hanya untuk kelas 4,5 dan 6. Pertimbangan utamanya jelas segi emosional dan fisik. Namun fokus dari kegiatan pencak silat sendiri ialah untuk membentuk karakter positif bagi peserta didik,” Terangnya.

“Berbagai kegiatan pengembangan bakat minat, sudah berkembang di sekolah dasar (SD) Negeri 1 Tambakbaya ini, memang tidak terlepas dari kerja keras para guru,” Tutur Aat Solihat.

Ia juga menambahkan,
“Prestasi yang berhasil diraihnya, memang terlahir berkat ketekunan para gurunya. Semuanya saling bahu – membahu, agar peserta didik bisa optimal dalam mengikuti beragam kejuaraan. Syukur, dari prestasi yang sudah ada beberapa peserta didik kami bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan melalui jalur prestasi. Tentunya hasil yang membanggakan ini, akan terus dilanjutkan. Sekaligus menjadi motivasi untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya di Desa Tambakbaya Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak Provinsi Banten,” Pungkas Kepala SDN 1 Tambakbaya, Aat Solihat,S.Pd,M.Pd.

(Riziq/Juyamin)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *