Jelang Hari Jadi Desa Cikamunding, Pemdes dan Tokoh Masyarakat Ziarah Makam Kades Terdahulu

 156 total views

Pemdes Cikamunding menginisiasi tradisi baru yakni ziarah ke makam mantan Kepala Desa dan Tokoh-tokoh pendiri Cikamuning, ini dilakukan pada hari Jumat terakhir sebelum hari jadi Desa Cikamunding yang diperingati setiap tanggal 12 Maret.

Read More

Pada ulang tahun yang ke 48 tahun ini, ziarah digelar pada Jumat (10/3/2023) dan diawali dengan Kepala Desa, Prades, LKD beserta para tokoh berziarah ke makam Kai buyut Wagir. Kegiatan ziarah dilanjutkan ke makam Bapak Uki dan Bapak Djuwaeni sebagai tokoh perwakilan Cikamunding ketika masih masuk menjadi Desa Cisungsang, di TPU Makam Kidul Kp. Cikamuning II.

Usai berziarah di Makam Kidul, Kades beserta jajaran bertolak ke makam Bapak Ruhani sebagai Kepala Desa pertama di Desa Cikamunding yang berlokasi di Kampung Pasirawikuda

Kegiatan ziarah ini merupakan yang pertama kali digelar dalam rangka Hari Jadi Desa Cikamunding.

“Alhamdulillah tahun ini kita mulai tradisi baru berziarah ke makam para pendahulu, sesepuh dan karuhun,” ungkap Yayan Hendayana Kepala Desa Cikamunding yang juga menjabat sebagai Sekjen Apdesi Kabupaten Lebak.

Ia mengatakan ziarah ini sebagai bentuk penghormatan dan menghargai para leluhur dan sesepuh yang telah berjuang, membangun Desa Cikamunding, dengan kegiatan ini diharapkan memotivasi generasi penerus untuk terus berikhtiar secara bersama-sama membangun Cikamunding.

“Harapan kami Desa kita, semakin maju pembangunannya, semakin mandiri, semakin makmur warganya,, kegiatan ziarah ini akan menjadi agenda rutin setiap peringatan hari jadi Desa Cikamunding
Selain itu kegiatan ziarah juga akan digelar pada Jumat terakhir sebelum hari jadi Desa Cikamunding agar pelaksanannya berlangsung lebih khidmat dan sakral.(Hendi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *