Presiden Joko Widodo Meresmikan Penataan Kawasan Pura Besakih di Kab. Karangasem, Bali

 199 total views

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri @kemenkomarves @luhut.pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Bali @kostergubernurbali meresmikan Penataan Kawasan Pura Besakih di Kab. Karangasem, Bali, Senin (13/03).

Read More

Pura Besakih merupakan pura yang sangat disucikan oleh umat hindu di seluruh Indonesia. Sejak dulu, Pura Besakih selalu ramai dikunjungi oleh umat hindu dan pengunjung pada saat upacara besar keagamaan, terutama pada upacara Ida Bhatara Turun Kabeh yang diselenggarakan setiap sasih kadasa. Umat hindu dari berbagai penjuru di Indonesia datang untuk melakukan persembahyangan.

“Penataan dilakukan dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung agar masyarakat semakin nyaman saat bersembahyang dan Pura Besakih tetap terjaga kesuciannya,” kata Presiden Jokowi.

Penataan kawasan ini dilakukan di 2 area yaitu area Bencingah dan Manik Mas pada lahan seluas 78.827 m2 dan bangunan seluas 87.464 m2, meliputi Pembangunan Gedung Parkir yang dapat menampung 1.268 motor, 1.409 mobil, 66 bus dan 45 sepeda, serta Pembangunan kios yang meliputi 267 kios besar dan 198 kios kecil.

Dilakukan pula pembangunan pedestrian, pura, sekolah dasar, puskesmas, rumah dinas, kantor desa, kantor manajemen operasional, dining area & bar. Kemudian, pembangunan fasilitas umum meliputi 274 toilet, 215 kursi audiovisual, 2 akses lift, taman bermain seluas 129 m2, 2 bale pasandekan, 2 bale gong, 1 bangunan TPS dan 1 powerhouse.

Penataan Kawasan Pura Besakih juga dilengkapi dengan pekerjaan pelataran, penataan landscape, pekerjaan artwork, relief dan patung. Serta, instalasi smart parking dan solar panel.

SigapMembangunNegeri

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *