Peringati Hari Nyepi 2023, Ratusan Umat Hindu Baliagung Jalani Tawur Agung Ke Sanga

 161 total views

Globalinvestihasinews.com
LAMPUNG SELATAN, Ratusan umat hindu di Desa Baliagung, Kecamatan Palas, Lampung Selatan mengikuti upacara Tawur Agung Kesanga dalam rangka Hari Raya Nyepi yang dipusatkan di simpang empat desa setempat, Selasa (21/03/2023).

Read More

Upacara Tawur Agung Kesanga digelar dihadiri Kapolsek Palas AKP Andy Yunara ; Camat Palas Rosliana ; Kanit Intel Aipda Hendri ; Babinkantibmas Desa Baliagung, Aipda Yobi ; Babinsa 421-08/PLS Sertu Yana Mulyana ; Anggota Kodim 0421/Lamsel Serda Alexander ; dan Umat Sedharma desa setempat.

Dalam sambutanya, Ketua Adat Hindu Desa Baliagung mengatakan, makna pelaksanaan Tawur Agung ialah membayar atau mengembalikan sari-sari alam yang diambil manusia selama memenuhi kebutuhan hidup. Pengembalian dilakukan dengan upacara yang ditujukan kepada para Butha, dengan tujuan para Butha tidak mengganggu manusia.

Setelah dilaksanakan Tawur Agung Kesanga dilanjutkan dengan pawai ogoh-ogoh yang berwujud Bhuta Kala (simbol kejahatan). Dimana, ogoh-ogoh diarak keliling desa, kemudian dibakar.

“Saya berharap kepada umat dalam melaksanakan penyepian dapat mentaati dalam pelaksanaan catur Brata, penyepian tidak melaksanakan kegiatan apa pun dalam satu hari, semoga dalam menjalankan catur Brata dapat berjalan dengan baik,” kata dia.

Sementara itu, Rosalina mengucapkan, Selamat hari raya Nyepi tahun Baru saka 1945. Dimana di hari raya Nyepi ini telah disampaikan para ahlinya bahwa semua nanti ingin kembali bagaimana di tahun depannya setelah mengintropeksi kegiatan-kegiatan. Perbuatan-perbuatan di tahun lalu bagaimana tahun depan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

“Sebagai kepala pemerintahan saya juga menyampaikan untuk tetap selalu bersama kami bersinergi bagaimana membangun Palas lebih baik, bersinergi dengan seluruh kegiatan di kecamatan yang selama ini sudah juga ditunjukkan oleh masyarakat desa Baligung, bagaimana kita bersama-sama membangun desa Bali Agung membangun Palas dan membangun Lampung Selatan,” kata dia.

Ditempat yang sama, Kapolsek Palas, AKP Andy Yunara mengucapkan selamat hari Nyepi tahun 2023, Tahun Baru Saka 1945, semoga ditahun baru ini menjadikan tahun yang lebih baik dan menghilangkan yang negatif itu sesuai dengan harapan kepolisian.

“Kami juga berharap selalu menjaga keamanan lingkungan masing masing agar tidak timbulnya niat dan kesempatan para pelaku kriminal atau kejahatan,” tutupnya

(Didi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *