Mencetak Karakter Religius di SMA Negeri 1 Cimarga Adakan Sanlat di Bulan Ramadhan

 445 total views

Lebak-Banten, Globalinvestigasinews.com – Sebanyak 599 siswa – siswi SMA Negeri 1 Cimarga, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang khusus diadakan di bulan Ramadhan, kegiatan ini biasa di sebut pesantren kilat, namun lebih akrabnya di sebut SanLat.

Read More

Kepala SMA Negeri 1 Cimarga Dini Pitria,S,Pd, mengungkapkan,
“Kegiatan SanLat ini, bertujuan untuk mencetak karakter Religius dan meningkatkan keimanan, serta ketakwaan pada siswa – siswi SMA Negeri 1 Cimarga”. Ungkapnya, Pada Senin (3/4/2023).

Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Cimarga, Hj. Yuyun Yuniar,S.Pd,M.Pd, membeberkan,
“Ya benar, kegiatan SanLat ini, di adakan mulai dari tanggal 27 sampai 31 Maret, yaitu dari hari Senin sampai dengan hari Jum’at. Yang meliputi ceramah, sholat Dhuha dan sholat Dzuhur berjama’ah, Tilawah , Tahfiz Qur’an, serta kami juga mengajarkan kepada siswa – siswi untuk berinfaq dan bersodaqoh. Untuk poin infak ini, kami tidak mewajibkan kepada siswa, kami disini cuma memfasilitasinya, dan kami guru – guru memberikan contoh terlebih dahulu, kami memberikan donasi, karena memang setiap tahunnya kami juga punya kegiatan rutin memberikan santunan kepada masyarakat sekitar sekolah kami, untuk santunan sendiri kami fokus pada kaum Janda, Dhuafa, dan DKM”. Paparnya.

Masih kata Hj.Yuyun Yuniar,,
“Di kegiatan infak dan shodaqoh ini, setiap harinya siswa membawa barang bawaan yang berbeda – beda, seperti hari pertama mie instan sebungkus, hari kedua kecap yang harga Rp.3000 (tiga ribu rupiah), hari ketiga teh celup, dan hari keempat gula pasir seperempat. Sedangkan untuk para guru – guru donasi yang terkumpul selama 3 hari, mencapai Rp. 6.700.000 (enam juta tujuh ratus ribu rupiah)”. Lanjutnya.

Kepala SMA Negeri 1 Cimarga Dini Pitria,S.Pd, sangat bersyukur memiliki para guru – guru yang luar biasa jiwa sosialnya,
“Alhamdulillah, saya sebagai kepala sekolah sangat bersyukur, berada di tengah – tengah orang – orang baik, para guru – guru disini sangat berjiwa sosial tinggi, kemauannya untuk bersedekah kuat, dan nilai religiusnya kental”. Tuturnya.

Wakasek kesiswaan Hj.Yuyun Yuniar,S.Pd,M.Pd, menambahkan,
“Selain materi dan kegiatan sosial, kegiatan sanlat ini, kami juga adakan perlombaan, seperti lomba Tahfiz Qur’an, cerdas cermat, lomba parsel yang didapat dari siswa dan ditambahkan dengan donasi dari para guru – guru, dan Alhamdulillah, untuk parsel sendiri ada 18 buah parsel, yang kemudian kami berikan kepada guru – guru ngaji yang pernah kami undang selama kegiatan pesantren kilat (sanlat) di SMA Negeri 1 Cimarga”. Imbuhnya.

Terakhir, Kepala SMA Negeri 1 Cimarga Dini Pitria,S.Pd, berharap, dengan adanya kegiatan pesantren kilat (sanlat) ini, mampu mencetak karakter Religius pada siswa siswi SMA Negeri 1 Cimarga,

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan pesantren kilat (sanlat) ini, meskipun kilat atau sebentar waktunya, namun mampu menjadi awalan untuk siswa – siswi, agar dapat berkontribusi untuk masyarakat sekitarnya, karena tujuan utama kegiatan ini, yaitu mencetak siswa – siswi yang beriman dan bertaqwa, serta berakhlak mulia. Kegiatan sanlat ini sangat tepat momentumnya, karena diadakan di bulan Ramadhan yang penuh berkah, dan setiap kebaikan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, sesuai dengan ikon kami di kegiatan sanlat ini, tergerak, bergerak dan menggerakkan, tentunya dalam hal yang positif, jadi semua orang bisa tergerak untuk hal positif, dan di SMA Negeri 1 Cimarga ini. Kami mulai dari para guru – gurunya terlebih dahulu, untuk memberikan contoh, dan kemudian siswanya mengikutinya sehingga bisa menjadi dermawan”. Pungkasnya.

(Alfian)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *