Ibadah Malam Paskah di Labuan Bajo, Mendapat Pengamanan Ketat dari Kepolisian

 136 total views

LABUAN BAJO,Globalinvestigasinews.com-Kepolisian Resor Manggarai Barat menurunkan ratusan personel untuk mengamankan pelaksanaan ibadah Malam Paskah di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Read More

Bagi umat Katholik, Malam Paskah merupakan salah satu puncak iman Katholik dimana ini merupakan penantian kebangkitan Yesus Kristus pada Paskah besok.

Seperti pada perayaan Malam Paskah, Sabtu (08/04/2023) di Gereja Roh Kudus Labuan Bajo, tak luput dari pengamanan aparat Kepolisian.

Terpantau, saat ini di Gereja Roh Kudus tengah berlangsung misa Malam Paskah untuk misa yang kedua sejak pukul 20.30 Wita. Sementara itu, misa pertama sudah dimulai sejak pukul 17.30 Wita sore tadi dan selesai pada pukul 20.20 Wita.

Setidaknya 20 personel Kepolisian dari Polres Manggarai Barat dan Sat Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo mengamankan jalannya Malam Paskah yang merupakan malam tirakatan akan kebangkitan Yesus Kristus.

“Pengamanan sesuai standar operasional prosedur (SOP). Mengamankan dari tindakan-tindakan yang mengganggu jalannya ibadah,” kata Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si., melalui Kabag Ops, AKP Roberth M. Bolle

Ia menjelaskan, pengamanan ini merupakan rangkaian pengamanan secara berkelanjutan. Polres Manggarai Barat akan melakukan pengamanan hingga masa Pekan Suci bagi umat Katholik ini berakhir pada Paskah kedua yang berlangsung pada Senin mendatang.

“Jadi akan berlanjut hingga selesai pada Senin mendatang,” jelasnya.

AKP Roberth menyebut, pihaknya menerjunkan 200 personel Kepolisian untuk melakukan pengamanan terhadap 103 gereja yang melaksanakan ibadah di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk gereja-gereja yang jauh di masing-masing Kecamatan, pengamanan dilaksanakan langsung oleh personel yang ada di masing-masing Polsek. Para Kapolsek telah membagi personelnya untuk mengamankan setiap gereja di wilayahnya masing-masing.

“Personel Polsek jajaran yang akan mengamankan gereja-gereja yang berada di Kecamatan masing-masing wilayah Kabupaten Manggarai Barat,” tuturnya.

Selain mengamankan gereja, personel Kepolisian juga menjaga kelancaran lalu lintas supaya warga yang hendak beribadah Malam Paskah merasa nyaman.

“Aparat Kepolisian juga akan mengatur jalannya lalu lintas di jalan raya, sehingga pelaksanaan ibadah Malam Paskah di setiap gereja bisa berlangsung aman, nyaman dan damai,” ujar Kabag Ops.

“Kami dari Kepolisian berharap perayaan Paskah kali ini bisa berjalan dengan lancar dan khidmat,” pungkasnya.

Terakhir, dari data yang diperoleh aparat Kepolisian, sekurang-kurangnya sudah 5.000 umat memenuhi gedung Gereja Roh Kudus Labuan Bajo untuk merayakan Malam Paskah. Kemudian untuk Misa Paskah besok akan dilaksanakan dengan jadwal pada pukul 06.00 Wita, pukul 08.00 Wita, pukul 10.00 Wita dan pukul 16.30 Wita.**#

(Mrth))

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *