Polsek Bungursari, Polres Purwakarta Rutin Melakukan Silaturahmi Dan Sambang Warga Di Desa Binaannya Masing-Masing

 147 total views

Purwakarta,
Ginewstvinvestigasi.com

Read More

Dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, Kepolisian Sektor (Polsek) Bungursari, Polres Purwakarta terus menjalin sinergi dengan berbagai elemen masyarakat di wilayah tersebut.

Untuk mewujudkannya, para Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Bungursari rutin lakukan silaturahmi dan sambang warga di desa binaannya masing-masing.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Bripka Wahyudin yang rutin memberikan imbauan kepada warga untuk terkait menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di lingkungan.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto mengungkapkan, Bhabinkantibmas mempunyai peran penting sebagai ujung tombak kepolisian dalam mengendus persoalan yang terjadi di masyarakat.

Ia menjelaskan, jika tugas utama polisi adalah sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Sehingga fungsi kepolisian yang dikedepankan adalah peran bhabinkamtibmas. Karena mereka adalah kepala kepolisian di tingkat kampung yang wajib mengetahui setiap permasalahan sekecil apapun yang ada di kampung binaannya masing-masing,” ujar Budi, pada hari Selasa, (16/05/2023).

Kapolsek menyebut, peran Bhabinkamtibmas juga cukup vital dalam memberikan layanan atau bantuan kepolisian, terlebih di desa dan kelurahan yang tidak memiliki kantor polisi.

“Apabila peran bhabinkamtibmas sudah berjalan dengan baik, pasti segala permasalahan yang terjadi bisa dicegah dan dapat diminimalisir,” ungkap Budi.

Untuk itu, kata Dia, Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak sampai tingkat desa dalam melaksanakan upaya preemtif maupun preventif, serta dalam rangka menjalin hubungan baik dengan masyarakat.

“Guna menjalin hubungan baik dengan masyarakat, para bhabinkamtibmas Polsek Bungursari di wajibkan untuk rutin melakukan sambang kamtibmas di Desa Binaannya masing-masing,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam sambang kamtibmas tersebut, para bhabinkamtibmas memberikan pesan-pesan kamtibmas secara humanis kepada masyarakat.

“Para bhabinkamtibmas mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga kamtibmas, serta saling berperan dalam rangka memelihara kamtibmas khususnya di bulan Ramadhan ini,” ungkap Budi.

Budi menyebut keamanan dan ketertiban bukan hanya tugas dari Kepolisian atau TNI saja namun seluruh warga masyarakat juga bisa berperan aktif menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing masing salah satunya dengan aktif ronda malam.

“Keamanan dimulai dari level terkecil, paling tidak setiap orang bisa menjadi polisi dalam keluarga sendiri dan juga di dalam lingkungan sekitar untuk bersama sama menjaga kamtibmas,” Kata Kompol H Budi Harto.

(Ferd)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *