Sinergitas TNI-Polri, Kapolresta Pati Bersama Dandim 0718 Kompak Tanam 2000 Bibit Mangrove di Pesisir Pantai Banyutowo

 154 total views

Pati-Jawa Tengah

Read More

Kepala Kepolisian Resor Kota Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama mengikuti acara penanaman bibit mangrove di pesisir pantai idola turut desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Senin (15/05/2023) sore.

Kegiatan tersebut sebagai acara puncak penanaman pohon mangrove nasional secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo melalui video conference.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolresta Pati bersama Dandim 0718 Pati Letkol Inf Catur Irawan memimpin langsung aksi penanaman ribuan pohon mangrove yang di ikuti juga oleh Para Danramil eks Kawedanan Tayu, Pju Polresta Pati, Para Kades, Personel Kodim, Personel Polresta, Brimob, Karang Taruna, Relawan dan perwakilan pelajar.

” Kami melaksanakan penanaman pohon mangrove secara serentak di satu titik yang dihadiri oleh Forkopimda Pati diantaranya Kapolresta, Sekda, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pati”.ujar Dandim 0718 Letkol Inf Catur Irawan.

Letkol Inf Catur Irawan menambahkan, untuk lokasi tanam saat ini di Desa Banyutowo Kec. Dukuhseti di atas lahan seluas 2000 m² dengan jumlah tanam sebanyak 2000 bibit mangrove.

“Kedepannya kami bekerjasama dengan instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, Swadaya Peduli Lingkungan, masyarakat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk merawat secara berkelanjutan agar bisa tumbuh dan bermanfaat”. Imbuhnya.

Dandim 0718 menegaskan bahwa Kegiatan penanaman mangrove ini sebetulnya merupakan kegiatan rutin tahunan, seperti tahun kemarin kami telah menanam 500 bibit.

“Dan ke depan rencana kami terus secara masif akan menanami seluruh pesisir yang ada di wilayah Kabupaten Pati”. Lanjutnya.

Sementara itu Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama saat dikonfirmasi mengatakan penanaman bibit mangrove tersebut merupakan kegiatan penanaman mangrove nasional yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Penanaman mangrove tersebut, bagian dari bentuk tanggung jawab untuk melestarikan alam, menjaga ekosistem, dan langkah mitigasi bencana”. Tandasnya.

Lebih lanjut Kapolresta menambahkan Penanaman mangrove tersebut bertujuan untuk menjaga dan menghidupkan kembali ekosistem laut. Selain itu juga sebagai langkah mitigasi terhadap bencana alam dan kemungkinan bencana yang terjadi ke depannya.

(Sumber : Humas Resta Pati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *