Apa Kabar Kejari Pati, “Diduga Bangunan Gedung Serba Guna Desa Bumiayu Mangkrak Bertahun – tahun ?!”

 193 total views

Pati Jateng.

Read More

Diduga Pembangunan gedung serba guna yang berada di samping Kantor Desa Bumiayu terkesan mangkrak hampir tahun-tahunan tak kunjung selesai.

Dana yang bersumber dari uang negara/rakyat bergentayangan tanpa ada papan informasi kegiatan.

Perlu diketahui bahwa papan informasi kegiatan, yang merupakan keharusan sesuai UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Informasi publik, yang bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Asas keterbukaan atau transparansi dapat diakses atau dilihat masyarakat umum, sehingga diharapkan masyarakat dapat ikut mengawasi proses pembangunannya.

Salah satu warga Desa Bumiayu yang namanya tak mau disebutkan mengatakan bahwa transparansi mengelola keuangan desa sangat dibutuhkan untuk kemajuan desa. Sebab masyarakat di desa harus tau dana bantuan dari pemerintah yang jumlahnya miliaran diperuntukkan untuk apa saja.

“Saya lihat tidak terlihat papanya, padahal pekerjaan sudah berjalan. Bangunan fisik yang bersumber dari uang negara semestinya pelaksana kegiatan anggaran pasang papan informasi,” kata warga tersebut di kediamannya di Desa Bumiayu, Senin (9/5/2023).

Menurut dia, pelaksanaan pembangunan Gedung Serbaguna di desa harus sesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam proses perencanaan dan masyarakat berhak untuk mengetahui dan melakukan pengawasan terhadap kegiatan pembangunan.

Lanjut H menjelaskan, bahwa partisipasi masyarakat desa sebagai control sosial sangat penting dalam pengelolaan keuangan desa dan pelaksanaan pembangunan desa yang sehat.

“Penting itu mas, untuk mengantisipasi  penyelewengan dan penyalahgunaan keuangan desa,” ujarnya.

Warga meminta papan informasi kegiatan segera dipasang di lokasi. Kepada pemangku kepentingan untuk memberikan sosialisasi kepada kepala desa pentingnya transparansi dalam pengelolaan anggaran. 

Dari pantauan awak media pada Senin (5/2/23) di lokasi pekerjaan tidak terlihat adanya papan informasi proyek. Dari pengamatan di lapangan, pekerjaan pembangunan dalam tahap bangunan aja tanpa atap dan jendela.

Sementara saat dikonfirmasi Kepala Desa Bumiayu tidak ada di kantornya, “Belum datang pak Kadesnya,” ucap singkat salah seorang staf Desa Bumiayu konon katanya selalu menghindar dari wartawan.

Sehingga berita ini ditayangkan belum ada respon dan jawaban dari Kepala Desa Bumiayu. *** Bersambung

(Tim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *