KADES MERANTI JAYA TARGETKAN PAD MELALUI BUMDES DALAM PEMANFAATAN LAHAN TKD

 230 total views

Sarolangun, 26/06/2023 Globalinvestigasinews.com

Read More

Dalam pencapaian target untuk pembangunan desa, Kepala Desa harus mengacu pada peraturan dan undang undang. Karena alokasi dana desa dari pemerintah harus dimanfaatkan sesuai alur serta peruntukannya, meliputi pembangunan, pemberdayaan dan dalam pelayanan.

Desa Meranti Jaya Kecamatan Mandiangin Timur Kabupaten Sarolangun Jambi saat ini sedang dan telah laksanakan semua program yang telah di canangkan sesuai Musrenbangdes. Misalnya memaksimalkan anggaran yang sertakan untuk Bumdes.

Bumdes Desa Meranti Jaya telah memaksimalkan pemanfaatan lahan Tanah Kas Desa untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Desa (PAD). ” Ada lahan kurang lebih 6 ha yang telah di tanami Sawit, lnsya Alloh tahun depan sudah menghasilkan, selain itu ada 11 ha yang sedang kita upayakan untuk penanaman sawit,” terang Kades Khozin Maksum yang sudah menjabat 2 tahun sebagai Kepala Desa pada 25/06/2023.

” Selain Potensi Perkebunan, ada potensi potensi untuk menghasilkan “Cuan” yaitu potensi Perikanan, karena di sini banyak kolam dan kontur alamnya yang banyak rawa,” lanjutnya.

Selain itu, Bumdes saat ini sudah berkembang dan sudah menghasilkan, usaha Bumdes yang telah berjalan saat ini adalah pengelolaan Air Bersih yang sudah dialirkan ke rumah rumah warga dan sudah berjalan sekitar 4 tahun, tutupnya.

Harapan Khozin selaku Kepala Desa Meranti Jaya kepada Pemerintah Daerah Sarolangun agar segera bisa mengoptimalkan sarana infra struktur jalan, karena poin utama untuk mobilisasi dan putaran hasil perkebunan dan yang lain adalah jalan.
(fik)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *