Site icon GLOBALINVESTIGASINEWS

Satlantas Polres Tanjab Timur Akan Gelar Ops. Zebra 2023 Selama Dua Pekan

Jambi-Globalinvestigasinews.com2023/09/01
Satlantas Polres Tanjab Timur kembali akan menggelar Operasi Zebra 2023 selama dua pekan dari tanggal 4 hingga 17 September 2023.

Kegiatan Operasi Zebra tahun ini mengangkat tema “Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024”.Tujuan Operasi adalah untuk menurunkan angka pelanggaran lalulintas, fatalitas korban laka lantas dan meningkatkan disiplin masyaralat dalam berlalu lintas.

Kasatlantas Polres Tanjab Timur IPTU Agung Prasetyo menjelaskan, ada 8 prioritas pelanggaran lalu lintas yang menjadi target pada operasi rutin yang hampir digelar setiap tahunnya ini.

“Target utama pada pelaksanaan operasi kali ini, adalah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan sasaran 8 prioritas pelanggaran lalu lintas,” jelasnya

“Kedelapan prioritas pelanggaran itu, tidak mengunakan helm SNI, pengendara di bawah umur, melawan arus lalu lintas, berboncengan lebih dari satu orang, menggunakan handphone saat berkendara, pengemudi dan pengendara dalam pengaruh alkohol, dan melebihi batas kecepatan maksimal,” sambungnya.

Sasaran pelanggaran tersebut menjadi hal prioritas yang harus ditertibkan oleh personil Satlantas Polres Tanjab Timur. Oprasi Zebra 2023 akan melaksanakan secara preemtif, preventif serta represif yang terukur.

Ia juga menjelaskan persoalan kegiatan preemtif ini, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat untuk lebih tertib lalu lintas, dan menjaga etika serta moral saat berkendara di jalanan umum.

“Kegiatan preemtif sangat sering dilaksanakan oleh personil Satlantas, diantaranya imbauan dan sosialisasi. Tujuannya meningkatkan pemahaman masyarakat dalam tertib berlalu lintas, serta menjaga etika dan moral di jalan umum,” jelasnya.

Sedangkan, prepentif dan represif akan tetap dilaksanakan walau bukan menjadi pilihan utama selama masa operasi zebra.

IPTU Agung Prasetyo juga tak lupa mengimbau kepada masyarakat, agar selalu tetap tertib dalam berlalu lintas demi keselamatan bagi seluruh pengguna jalan.(T111k).

Exit mobile version