Kapolda Jabar Didampingi Dansat Brimob Polda Jabar Tinjau TPA Sarimukti

Loading

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH JAWA BARAT BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

Read More

SIARAN PERS
TENTANG

Kapolda Jabar Didampingi Dansat Brimob Polda Jabar Tinjau TPA Sarimukti

Kapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus S.I.K., M.Si., M.M didampingi Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono S.I.K. melaksanakan peninjauan tempat pembuangan akhir sampah di Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Selasa (12/9/2023).

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengatur strategi pemadaman kebakaran setelah Pemkab Bandung Barat menyerahkan penanganan kebakaran TPA.

Pejabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmud mengatakan, “Strategi pemadaman itu disiapkan setelah status tanggap darurat kebakaran yang ditetapkan oleh Pemkab Bandung Barat berakhir pada 11 September 2023. ”

Selanjutnya penanganan kebakaran TPA Sarimukti ditangani langsung oleh Pemprov Jabar mulai hari ini.

Strategi yang disiapkan di antaranya yakni memecah zona untuk membuka akses ke titik api yang sebelumnya tidak terjangkau oleh truk maupun armada pemadam kebakaran.

“Saya optimis kebakaran akan teratasi. Ada strategi (pemadaman) baru yang kami siapkan, pertama akan dibuat klaster untuk memudahkan akses menuju titik apinya,” kata Bey saat ditemui di TPA Sarimukti.

Selain mengerahkan personel dan unit pemadam kebakaran dan petugas dari BPBD, proses pemadaman juga akan melibatkan TNI-Polri untuk mempercepat proses pemadaman.

Pemadaman selain menggunakan air juga menggunakan metode pengurugan titik api dengan menggunakan tanah.

TNI – Polri nantinya akan menerjunkan personel dan truk untuk mengangkut material tanah guna mengurug titik api.

Kapolda Jabar mengatakan, “Strategi lainnya yakni, Pemprov Jabar bakal berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk melakukan rekayasa cuaca hujan buatan di TPA Sarimukti”.

“Nanti juga mungkin kami akan berkoordinasi dengan BMKG dan pihak yang terkait dengan hujan buatan,” katanya.

Berbekal strategi-strategi dan kolaborasi antara Pemprov Jabar dengan TNI-Polri, semua berharap proses penanganan kebakaran bisa lebih cepat dilakukan.

“Di tangan Provinsi wewenangnya lebih tinggi, diharap penanganannya bisa lebih cepat. Kita ingin kebakaran bisa padam dalam pekan minggu ini,” tandas Irjen Akhmad Wiyagus.

Ditempat yang sama Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menjelaskan, “Penyerahan penanganan kebakaran TPA Sarimukti bebarengan dengan berakhirnya masa tanggap darurat yang dikeluarkan Pemkab Bandung Barat”.

“Selanjutnya penanganan kebakaran TPA Sarimukti sepenuhnya akan dilakukan oleh Pemprov Jabar”, kata Yuri Karsono.

Lebih lanjut, Yuri Karsono menambahkan, “Saat ini 60 persen api yang membakar gunungan sampah di TPA Sarimukti sudah bisa diatasi. Meski demikian menurutnya, masih banyak titik api yang berada di lapisan bawah tumpukan sampah”.

Karena itu, drone yang bisa mendeteksi titik api nantinya akan digunakan. Tujuannya agar upaya pemadaman bisa lebih terarah di pusat api yang ada.

Bandung 12 September 2023

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *