Polsek Manggelewa Gerak Cepat Tangani Korban Tewas Ditimpa Pohon Di Hutan Lindung Pujuwawi

 110 total views

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Read More

Gerak cepat Personil Polsek Manggelewa dipimpin Kapolsek, Ipda Bukhari Maha Putra, SH., saat mendapat informasi terkait kecelakaan kerja yang menimpa Hendra (30) warga asal Desa Doromelo, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Kamis (12/10/2023) sore waktu setempat.

Kejadian nahas tersebut diketahui saat korban bersama ketiga rekan kerjanya tengah melakukan aktifitas penebangan pohon di So Pujuwawi, Desa Sukadamai, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu sekira pukul 16.30 Wita.

Saat diminta keterangannya, Kapolsek menyebutkan bahwa ketiga rekan kerja korban telah diamankan untuk dimintai keterangan terkait kejadian yang berlokasi di kawasan hutan lindung yang merupakan daerah terlarang untuk dilakukannya aktifitas penebangan liar (Illegal Logging).

Dijelaskannya, berdasarkan sumber informasi, bahwa Korban bersama temanya serta sebagian petani di Desa Tanju, desa Doromelo dan petani dari Desa Lain kerap kali menebang pohon secara illegal.

“Di mana pohon tersebut berada dalam hutan Kawasan Lindung dan kemudian hasil kayu tersebut mereka jual,” beber Kapolsek.

Ditanya mengenai kronologis tewasnya korban, Kapolsek memaparkan bahwa, Pada hari ini Kamis tanggal 12 Oktober sekitar pukul 16.00 WITA, bertempat di So Puju wawi ( Kawasan Hutan Lindung) Kec. Manggelewa Kab. Dompu telah terjadi Kecelakaan Kerja pada saat menebang Pohon.

Awalnya, Korban bersama 3 orang rekannya LU (51) tahun, asal Dusun Doromaria, Desa Konte Kecamatan Kempo, HE (50) asal Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa dan 1 orang lainnya, menebang Pohon.

“Saat itu Korban sebagai Helper, Pendamping LU yang bertugas memegang alat Senso,” sebut Kapolsek.

Setelah pohon kayu hampir roboh sempat melarang korban untuk lari namun korban tetap lari kemudian korban ditimpah oleh pohon lain yang ditimpah oleh pohon besar yang di potong tersebut.

Lanjutnya, kejadian tersebut begitu cepat hingga LU dan lainnya membantu korban keluar dari tindihan pohon kayu tersebut dan menaikan di mobil menuju Rumah sakit Pratama Kecamatan Manggelewa yang di mana pada saat itu korban masih hidup.

“Namun setelah sampai di Rumah sakit Korban meninggal dunia. Dan saat ini korban di semayamkan di rumahnya Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa,” imbuh Kapolsek.

Untuk sementara ini, tutup Kapolsek, ketiga orang temanya tersebut sudah diamankan di Polsek Manggelewa untuk dilakukan introgasi oleh Unit Reskrim.

“Perlu dilakukan Penggalangan terhadap keluarga korban, toga, Toma, Toda agar terciptanya situasi yang aman dan kondusif,” pungkas Kapolsek Manggelewa. Jurnalis, Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *