KIM Festival 2023: Peran Penting KIM dalam Kemajuan Ekonomi dan Komunikasi Publik

Loading

Surabaya, 27 Oktober 2023 – Kota Surabaya menjadi saksi partisipasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cerdas Tarumajaya Kabupaten Bandung mewakili Jawa Barat pada ajang KIM Festival 2023 yang digelar di Balai Pemuda Alun-alun Kota Surabaya. Kegiatan bertema “KIM Bermitra Wujudkan Indonesia Sejahtera” tersebut diselenggarakan oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi RI akan berlangsung selama 4 hari dari 27-30 Oktober 2023.

Read More

Pada ajang tersebut, KIM Cerdas Tarumajaya memamerkan produk kopi serta video seputar aktivitas anggota KIM dalam melakukan diseminasi informasi kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan ekonomi di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Kapala Desa Tarumajaya, Ahmad Iksan juga memberikan penghargaan kepada KIM Cerdas Tarumajaya atas kontribusinya dalam mengembangkan desa dan memberikan pelatihan kepada masyarakat. Menurutnya, KIM Cerdas Tarumajaya dapat menunjukkan bahwa KIM bukan hanya menyebarkan informasi, tetapi juga bisa membantu meningkatkan nilai ekonomi bahkan membentuk lapangan kerja.

“Saya sebagai kades merasa sangat terbantu dengan adanya KIM ini. Kami juga tidak segan menganggarkan biaya untuk kegiatan KIM karena manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” jelas Ahmad.

Sebelumnya ia menjelaskan Desa Tarumajaya merupakan sempat menjadi desa termiskin di Kabupaten Bandung. Ia menuturkan tingginya pengangguran di kalangan anak-anak muda Desa Tarumajaya dapat turun setelah adanya KIM.

“Setelah adanya sinergi pemerintah desa dan KIM akhirnya bisa membuat Desa Tarumajaya sebagai desa wisata kategori rintisan. Karena sudah jadi desa wisata, marketing dan promosinya dilakukan oleh KIM dan anak-anak muda yang tidak bekerja bisa mengisi tempat wisata sebagai SDM pengelola,” tambahnya.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyampaikan pentingnya peran KIM dalam menyampaikan program Pemerintah Kota Surabaya kepada masyarakat dan sebaliknya, mendengarkan kebutuhan masyarakat. Ini telah membantu Surabaya menurunkan angka kemiskinan dan stunting, menunjukkan kontribusi nyata KIM dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Usman Kansong mengingatkan bahwa dalam era digital, teknologi memiliki dua sisi yang perlu diperhatikan: sisi baik dan sisi buruk. KIM diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang akurat dan membantu masyarakat berkomunikasi secara efektif. Dalam hal negatif teknologi, seperti deep fake KIM harus berperan sebagai penjernih informasi agar masyarakat tidak menjadi korban hoax.

“Saya menaruh hormat kepada temn-teman yang mau aktif dan mau bekerja keras untuk melakukan komunikasi publik ke masyarakat,” ujarnya.

KIM Festival 2023 adalah momentum yang penting untuk memperkuat sinergi antara pemerintah dan masyarakat, memajukan teknologi komunikasi yang bertanggung jawab, serta mencerdaskan dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *