KELURAHAN KARANGMALANG DAN YAYASAN FI’LAL KHOIROT MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA

Loading

Kamis, 2 November 2023

Read More

Semarang,,Global INews Tv_Beri aku 10 pemuda maka akan aku goncang dunia” Bung Karno. Menyiapkan generasi bangsa untuk menjadi pemimpin yang berkualitas dan berakhlakul karimah di masa depan adalah menjadi tanggung jawab bersama. Pemuda sebagai aset bangsa keberadaanya harus diperhatikan dimulai dari rumah sebagai tempat dimulainya pendidikan. Bertepatan pada tanggal 31/10/2023 Kelurahan Karangmalang, Kec Mijen, Semarang berkerjasama dengan yayasan fi’lal khoirot Bubakan, Mijen, Semarang menyelenggarakan peringatan hari Sumpah pemuda yang di pusatkan di balai kelurahan. Untuk tema yang diangkat pada acara itu “Semangat Pemuda, Menyiapkan pemimpin yang ideal hafal Qur’an mutqin 30 juz”. Hadir sebagai peserta anak-anak kelurahan Karangmalang khusus yang perlu memerlukan perhatian dan motivasi(anak yatim, piatu dan dhufa) sejumlah 20 anak dari total peserta 50 orang Kusmiyati Lurah Karangmalang menjelaskan.

Di tengah kemajuan teknologi yang tak terbendung keberadaannya, anak-anak dengan sangat mudah mengakses berita-berita tanpa batas dari berita positif maupun negatif dan game on line sehingga mengurangi konsentrasi belajar. Dengan di selenggarakannya acara ini(peringatan hari sumpah pemuda) yang di dalamnya ada perform menghafal Qur’an dengan metode Kauny(menghafal dengan gerakan dan artinya) oleh santri-santri mahad Askar kauny fi’lal khoirot bisa menginspirasi peserta untuk menekuni dan menghafal Al-Qur’an sebagai wujud memerangi setan gepeng(HP). Anak-anak ku kalian harus bijak dan proposional dalam menggunakan HP, rajinlah belajar, hafal dan pahami Al quran sebagai pedoman hidupmu. Kami senang puncak dari acara ini ada santunan dan pemberian bingkisan untuk peserta dan jika ada agenda lagi kami siap berkerjasama ujar Kusmiyati mengakhiri.

Dalam keberadaanya yang sudah 9 tahun Yayasan Fi’lal Khoirot telahpun melaksanakan program pendidikan mulai dari pendidikan formal dan informal sebagai wujud pengabdian terhadap masyarakat. Di mulai dari PAUD/TK sebagai pendidikan formal, untuk pendidikan non formal di mulai dari KQS (Kauny Qurani School) yang tidak mukim dan Maha”d Tahfidz yang mukim, adapun metode hafalan yang di pakai adalah metode kauny, mentode menghafal dengan gerakan dan disertai artinya, selain itu jika masyarakat membutuhkan pendampingan untuk anak-anak yang ingin melanjutkan kuliah kami siap mendampingi urai aim saputra ketua yayasan fi’lal khoirot. Dalam bidang sosial tiap 2 minggu sekali mengadakan santuanan di sekitar yayasan dan temporeri di luar yayasan dan khusus bulan ini di laksnakan di kelurahan Karangmalang, Mijen, Semarang amin saputra menutup.

Sebagai penutup dan penyempurna sekaligus do’a acara peringatan hari sumpah pemuda oleh kyai M. Mutohar. S.Ag berpesan kepada anak-anak terus belajar al quran, jangan pernah berhenti walau sudah khatam membaca al quran 30 juz tetapi lanjutkan belajarnya, memahami dan mengaktualisasikan al quran dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan memahami, mengamalkan al quran kalian akan di berikan kecerdasan, keberlimpahan rezeki dan kesholehan. Nabi Muhamad ada salah satu contoh pemimpin yang segala tindakannya berdasarkan Alquran, kalian harus menteladannya pesen kyai M. Muntohar menutup. ( GINBudi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *