Sebelum Bebas, Lapas Pati Bekali Keterampilan dan Sertifikat untuk Napi

 171 total views

Pati – Jawa Tengah

Read More

Pelatihan kecakapan hidup (life skills) berupa pemberian pelatihan keterampilan menjadi salah satu upaya pemberian bekal pengetahuan dan keterampilan bagi Narapidana. Melalui pendidikan kecakapan hidup, mereka dibimbing agar berguna, aktif, dan produktif dalam kehidupan masyarakat.

Sadar akan pentingya memberi bekal untuk Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pati hari ini membuka kembali pelatihan kemandirian bagi 40 Narapidana. Bekerjasama dengan SMKN 3 Pati, fokus pada pelatihan ini adalah bidang tata boga.

Kasie Binadik Lapas Pati, Eko Budi Hartanto mengungkapkan,tak hanya pelatihan yang diberikan, usai pelatihan ini Narapidana juga akan diberikan sertifikat agar dapat mejadi bukti dan data dukung untuk melamar pekerjaan saat sudah bebas nanti.

“Dalam kegiatan pembinaan kemandirian ini Narapidana tidak hanya diberi pelatihan, akan tetapi juga ada sertifikat pelatihan, dengan adanya sertifikat semoga dapat memudahkan mereka nanti saat melamar pekerjaan,” ucap Eko Budi.

Eko Menambahkan, pembekalan keterampilan merupakan unsur yang memegang peranan penting dalam mengembangkan kecakapan hidup di tengah masyarakat. dengan adanya kegiatan ini ia berharap agar Warga binaan Lapas pati dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

“Harapan kami, dengan pelatihan ini warga binaan akan lebih siap saat kembali ke masyarakat, dengan pengetahuan dan keterampilan yang pernah di asah di Lapas Pati,” tambah Eko Budi.

Beban psikologis dan stigma dari masyarakat yang akan diterima setelah Narapidana terbebas dari Lapas tentunya akan menghambat mereka untuk berbaur dan bersosialisasi dalam masyarakat. Apabila hal ini terjadi, maka peluang untuk melakukan kejahatan kembali akan semakin besar. Sadar kondisi ini, adanya pelatihan life skill bagi narapidana tentulah sangat diperlukan, agar pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki dapat membantu untuk berbaur dengan masyarakat sekitar, dan mencari pekerjaan.

Sumber : Humas Lapas IIB Pati

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *