Festival Wisata Pesawaran Tahun 2023 “Culture Celebrate” Resmi Dibuka

 55 total views

Pesawaran – 18.11.2023
Global Investigasi Nows.Com
“Festival Wisata Pesawaran Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan di Pantai Ketapang Bahari Desa Batu Menyan Kec. Teluk Pandan, Sabtu (18/11/23).

Read More

“Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona didampingi Ketua TP-PKK Kab. Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan sejarah Festival Tahunan yang bertemakan “Culture Celebrate” ini berasal dari Festival Pahawang yang sudah diselenggarakan dari tahun 2016-2022.

“Tahun ini mengusung nama baru yaitu “Festival Wisata Pesawaran” yang harapannya Festival Wisata ini bisa di selenggarakan dimana saja dalam wilayah Bumi Wisata Sejuta Pesona Kabupaten Pesawaran Lampung,” ucap Bupati Dendi.

“Tujuan dari Festival Ketapang Bahari Beach ini untuk menyatukan berbagai komunitas dalam masyarakat dan pastinya mempromosikan UMKM yang nantinya akan berdampak positif bagi wisatawan dalam bidang ekonomi diantaranya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata.

“Bupati Dendi menambahkan selain memiliki potensi wisata, Kabupaten Pesawaran juga memiliki potensi budaya yang memiliki beraneka ragam jenis, baik itu adat istiadat, seni tari, seni musik, kain tenun hingga makanan khas daerah.

“Untuk memacu kreatifitas seni dan budaya di Kabupaten Pesawaran agar tetap terjaga dan lestari, maka Pemkab Pesawaran melakukan upaya salah satunya Festival Wisata Pesawaran,” imbuhnya.

“Festival ini menampilkan beberapa seni dan budaya yang telah berkalobarasi dengan masyarakat setempat dan sanggar dari Kabupaten Pesawaran.

” Seperti Ruwat Laut, Gitar Tunggal, Tari Seghampang 12, Tari Khatu Marga, Tari Kecah Pesisir, Tari Medley & Dance dan Drama Teatrikal Pejuangan Romusa,” ucap Dendi.

“Bupati yang juga Ketua Karang Taruna Prov. Lampung menjelaskan pada tahun ini merupakan momentum awal dilaksanakannya Festival dengan tema ”Culture Celebrate”.

“Tema tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Pemkab Pesawaran terhadap Program Karisma Even Nusantara (KEN) 2024 yang bertujuan mengangkat citra wisata Indonesia untuk menggerakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Pesawaran.

Orang nomor satu di Bumi Andan Jejama berharap kegiatan ini dapat semakin meningkatkan keanekaragaman seni dan budaya di Bumi Andan Jejama.

“Juga memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan daya tarik wisatawan lokal maupun manca negara, sehingga Kabupaten Pesawaran menjadi bumi wisata yang maju, makmur dan sejahtera.

“Ia menghimbau sinergitas dan kolaborasi dari semua pihak, baik dari unsur Pemerintah, Akademisi, Pelaku Bisnis, Media, para Komunitas, serta Stakeholder terkait guna mewujudkan Pesawaran sebagai Bumi Wisata 2025.

“Lebih lanjut Bupati Dendi juga mengatakan tujuan utama membuka destinasi besar di Kabupaten Pesawaran adalah untuk meningkatkan kunjungan masyarakat luar maupun dalam bukan hanya ke satu destinasi saja namun bisa melihat potensi lain yang ada di Bumi Andan Jejama.

Ia juga mengajak untuk menyiapkan sumber daya manusia untuk membantu jalannya pembangunan pariwisata di kabupaten yang dipimpinnya.

“Insya Alloh tahun depan hotel bintang 5 dan resort yang ada di Kabupaten Pesawaran akan dibuka. Saya menghimbau kepada Jajaran untuk menyiapkan sumber daya manuasianya untuk membantu jalannya pembangunan tersebut,” tutup Dendi.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan mengatakan Kabupaten Pesawaran memiliki sejuta pesona melalui pariwisatanya yang sangat beragam.

“Kabupaten Pesawaran memang sudah tidak perlu diragukan lagi apabila berkenaan dengan dunia wisata, mulai dari wisata alam, budaya maupun buatan, semuanya pasti didatangi oleh pengunjung lokal maupun pelancong dari berbagai negara,” ucap Bobby.

Sejalan dengan tema Festival yaitu “Culture Celebrate”, wisatawan diundang untuk menjelajahi keunikan budaya Pesawaran, dari kearifan lokal hingga tradisi yang memikat hati.

“Melalui Festival ini, kita dapat mengapresiasi dan memahami betapa berharga warisan budaya kita, yang menjadi bagian tak terpisahkan dari pesona Pesawaran,” imbuh Bobby.

Dirinya mengajak menjadikan Festival Wisata ini sebagai momentum untuk bersatu dalam keberagaman, menjalin silaturahmi, dan mempererat rasa cinta kita terhadap Pesawaran.

“Dengan semangat “Culture Celebrate” mari kita jaga dan lestarikan warisan budaya kita agar dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang,” tutupnya.

Dari pantauan terlihat para warga setempat sangat antusias untuk melihat prosesi seni budaya di dalam festival ini.

“Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Kab. Pesawaran, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Para Pejabat Struktural di lingkup Pemerintah Provinsi Lampung, Pejabat Struktural di lingkup Pemkab. Pesawaran,Ketua dan Anggota Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pesawaran.

“Juga hadir Ketua ASITA, Ketua HPI, Ketua PHRI dan Ketua Forum CSR Lampung, Pimpinan Perusahaan pendukung acara / Sponsor, Ketua MPAL, Ketua KNPI, Ketua Karang Taruna Kabupaten Pesawaran, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan Insan Pers….”!
(Read An&Tiem)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *