HUT Polairud Ke-73 Jajaran Polairud Polda Jateng Siagakan Personil Dalam Pengamanan Pemilu 2024

 86 total views

SEMARANG

Read More

Tasyakuran HUT Ke – 73 Polairud dengan tema ” Polairud Presisi Siap Mengamankan Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju” Perayaan digelar di Mako Ditpolairud Polda Jateng, Jl. Yos Sudarso, Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jum’at ( 1/12/2023 ).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng Brigjen Abioso Seno Aji, para pejabat utama Polda dan Kapolres Jajaran.

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi menjelaskan hari ini merupakan ulang tahun Polairud Polri yang ke 73, Polda Jateng melalui Direktorat Polairud telah melakukan penetrasi guna menjaga harkamtibmas di laut maupun sepanjang garis pantai di wilayah Jawa Tengah untuk menghadapi proses demokrasi Pemilu 2024.

“Dengan peringatan ke 73 tahun Hari Jadi Polairud akan mewarnai dinas Kepolisian Khususnya di wilayah Jawa Tengah dengan terobosan kreatif nya dalam menjaga wilayah laut maupun sepanjang garis pantai yang kita miliki, ini semua untuk menunjang agar Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman dan damai ” ujar Kapolda Jateng.

Kapolda Jateng menambahkan dalam pelaksanaan tugas Polairud bekerja sama dengan Bakamla, Brimob, serta TNI AL yang secara bersama-sama mengamankan wilayah Laut, perairan termasuk di danau guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan yang ada.

“ antisipasi bencana di musim hujan kita sudah siapkan Sarpras nya ( sarana dan prasarana ) maupun personil SAR yang sewaktu-waktu bisa dikerahkan ” imbuh Kapolda.

Sementara itu Direktur Polairud Polda Jateng, Kombes Pol Hariyadi menjelaskan Ditpolairud Polda Jateng menyiagakan personil yang lengkap dengan segala peralatan dalam rangka penanganan terjadinya bencana saat musim hujan.

” Kita telah siagakan satu pleton SAR Polairud (sekitar 20 orang), Mereka di lengkapi dengan berbagai peralatan seperti perahu karet dan alat alat lainnya” kata Direktur Polairud Polda Jateng, Kombes Hariyadi.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan instansi lintas sektor yang memiliki kemampuan dalam penanganan bencana maupun kegiatan lainnya dalam rangka Harkamtibmas di wilayah Perairan.

Dalam kesempatan ini Kombes Pol Hariadi menghimbau para nelayan agar berhati-hati saat hendak melaut, Jika ada cuaca buruk, sebaiknya nelayan mempertimbangkan ulang demi keselamatan. Demikian juga terkait Wisata Perairan agar tetap memperhatikan faktor keamanan dan Keselamatan.

“ Peralihan cuaca ini, kita himbau nelayan dan pengguna jasa angkutan laut maupun wisata perairan untuk hati-hati dan utamakan faktor keamanan dan keselamatan,” terang dia.

Kombes Hariadi menegaskan bahwa ada tiga gangguan keamanan di perairan yang menjadi prioritas.

“ Pertama, ada penyelundupan barang kemudian penyalahgunaan BBM Subsidi Serta kewaspadaan ombak tinggi apalagi saat ini musim hujan,” pungkas nya.

Sumber : Humas Polda Jateng

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *