Lulusan PKBM Maju Bersama Punya Daya Saing, Bisa untuk Mencari Pekerjaan Juga Bisa Untuk Melanjutkan Sekolah Formal Yang Lebih Tinggi

 58 total views

Mesuji –Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Maju Bersama yang terletak di desa Sidomulyo kecamatan Mesuji siap bersaing dengan lulusan pendidikan formal, lulusan program pendidikan kesetaraan atau Kejar Paket A, B, dan C memiliki hak yang sama dengan lulusan sekolah formal, Bahkan lulusan pendidikan kesetaraan mampu bersaing dalam prestasi akademik dan non akademik.

Read More

Tarjuman selaku kepala sekolah PKBM maju bersama mengatakan bahwa lulusan pendidikan kesetaraan saat ini mempunyai hak yang sama dan setara dengan pemegang ijazah pendidikan formal. Yakni; SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK untuk dapat mendaftar pada satuan pendidikan yang lebih tinggi ataupun persyaratan mendapatkan pekerjaan.

“Setiap siswa mengikuti program pendidikan kesetaraan paket A, paket B, paket C. Kemudian, bagi mereka yang masih usia sekolah, tentunya memiliki hak kelayakan yang sama atau setara untuk masuk sekolah formal lanjutan ataupun untuk mendapatkan pekerjaan” kata Tarjuman Kamis (29/12/2023).

Lebih lanjut tarjuman mengatakan untuk lulusan PKBM maju bersama sudah banyak yang mendapatkan pekerjaan salah satunya pekerjaan sebagai aparatur desa.

“Bisa ditanya untuk desa wiralaga mulya atas nama nurjanah dia lulusan PKBM maju jaya dia sekarang jadi Kasi pemerintahan di desa wiralaga mulya dan juga atas nama aji juga bekerja sebagai RK di desa tersebut juga pakai ijasah paket C dari PKBM maju bersama” Terang tarjuman
Bahkan tarjuman menyebut, tak banyak dari peserta didik ini datang dari kalangan berusia lanjut. Menurutnya, ini membuktikan jika mengemban sebuah ilmu pendidikan itu tak mengenal usia.

“Sekolah itu sepanjang hayat sepanjang seumur hidup sehingga yang lulus paket B bisa melanjutkan paket C dan bisa melanjutkan kependidikan tingkat formal. Begitu juga yang paket C bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dan jangan merasa minder dengan lulusan non formal ” Pungkasnya
Laporan : Suryadi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *