Upacara Kenaikan Pangkat Periode Polri dan PNS Polda Jabar

 32 total views

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH JAWA BARAT
BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

Read More

SIARAN PERS
TENTANG

Upacara Kenaikan Pangkat Periode Polri dan PNS Polda Jabar

Kapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Ahmad Wiyagus S.I.K., M. Si. M.M. memimpin upacara kenaikan pangkat 1-1-2024 dan PNS Polri periode 1-10-2023. Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Wakapolda Jabar, PJU Polda Jabar, Pamen, Pama dan para peserta yang akan melaksanakan upacara kenaikan pangkat. Selasa (02/01/2024).

Tradisi upacara kenaikan pangkat ini merupakan momen yang sangat ditunggu – tunggu oleh para anggota karena banyak makna yang terkandung didalamnya.

Dalam sambutannya, Kapolda Jabar mengatakan bahwa kenaikan pangkat yang diraih oleh anggota merupakan anugerah dari Tuhan yang maha esa dan kepercayaan pimpinan kepada anggotanya karena telah melaksanakan tugas dengan baik.

Selain itu, Kapolda Jabar mengatakan bahwa apapun yang telah diraih atau kejadian yang datang, merupakan suratan takdir. Hal yang harus dipedomani adalah lakukan yang terbaik, ikuti perintah darib kebijakan pimpinan tertinggi yaitu Bapak Kapolri.

“Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Personel Polri Periode 1 Januari 2024 Dan Kenaikan Pangkat PNS Periode 1 Oktober 2023”, menjadi momentum yang positif bagi jajaran Polda Jabar, dalam meningkatkan profesionalisme dan kinerja operasionalnya guna memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pangkat yang diberikan setingkat lebih tinggi kepada pers Polda Jabar telah sesuai dengan mekanisme kenaikan pangkat atas pertimbangan prestasi kerja dan pengabdian terhadap negara.

Pada periode ini, secara keseluruhan kenaikan pangkat bagi personel Polri jajaran Polda Jabar sebanyak 2.270 orang yang terdiri dari 98 Pamen, 616 Pama, 1.551 Bintara, 5 Tamtama dan 15 PNS, sedangkan yang melaksanakan Korps Raport ditempat ini hanya melibatkan satker beserta Pamen wilayah Polda, berjumlah 401 orang terdiri dari 75 Pamen, 53 Pama, 257 Bintara, 5 Tamtama dan 11 PNS.

Sedangkan jajaran Polres/Ta/Tabes Polda Jabar lainnya dilaksanakan secara serentak diwilayahnya masing-masing.

Perlu diyakini, bahwa kenaikan pangkat pada hakekatnya merupakan rahmat dari Allah SWT, serta hak seluruh personil yang tentunya juga merupakan upaya para anggota sekalian yang telah bertugas dengan penuh dedikasi, loyalitas dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Oleh karena itu, Polda Jabar beserta jajaran, mengucapkan “selamat dan sukses”, dengan disertai ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT, serta harapan untuk lebih meningkatkan Profesionalisme, semangat, dedikasi, loyalitas, dan tanggung jawab dalam setiap pelaksanaan tugas.

Kenaikan pangkat personel Polri, mencerminkan peran, fungsi dan kemampuan serta keabsahan wewenang dan tanggung jawab dalam penugasan. Tentunya juga akan menimbulkan konsekuensi terhadap tanggung jawab saudara yang lebih besar dalam ragam pelaksanaan tugas sebagai insan Bhayangkara, dan perlu diketahui bahwa, ke depan Polri dihadapkan pada tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks. untuk itu, harus benar-benar profesional dalam melaksanakan tugas yang diemban tersebut, sebagaimana implementasi dari program kapolri yaitu polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas Dan Transparansi Berkeadilan).

Dalam dinamika perkembangan masyarakat yang semakin modern saat ini, Polri bukan hanya dihadapkan pada kejahatan yang bersifat konvensional saja, akan tetapi Polri juga dihadapkan pada berbagai tantangan ragam tindak kejahatan berskala internasional seperti, perdagangan gelap narkoba, terorisme, korupsi, penyelundupan senjata (arms smuggling), perdagangan manusia (trafficking in person), illegal minning serta maraknya kejahatan di sosial media, hate speech dan hoax yang sangat meresahkan masyarakat.

selain itu juga, Polri sedang dihadapkan dengan pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024. Dengan adanya beberapa pilihan, tentunya menyebabkan adanya perbedaan sehingga berpotensi terhadap gangguan kamtibmas. Menyikapi tantangan tersebut, Polri dituntut harus dapat mengelola situasi dengan baik dan mampu dalam mencegah dan menangani perkara atau permasalahan tersebut secara profesional, modern dan terpercaya.

Dengan demikian, perlu ditekankan, bahwa pangkat maupun jabatan adalah anugerah dan amanah dari Allah SWT, untuk itu diharapkan dapat membawa perubahan, yang dapat diwujudkan dengan mensyukuri anugerah tersebut dengan meningkatkan kinerja operasional, pengabdian dan profesionalisme dalam bertugas, serta meningkatkan kualitas moral, perilaku dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa.

Tanamkan niat dan tekad yang kuat serta motivasi yang tinggi pada diri sendiri, untuk bekerja dengan baik, jujur dan ikhlas, yakinlah bahwa segala sesuatu yang diperbuat dengan jujur dan ikhlas, akan dibalas oleh tuhan yang maha esa. Selain itu, hindari penyalahgunaan wewenang ataupun perilaku yang tidak baik, karena kita akan diminta pertanggung-jawabannya oleh masyarakat dan Polri, serta pertanggung-jawaban dihadapan Tuhan Yang Maha Esa kelak.

Selanjutnya, layani masyarakat tanpa pamrih, profesional, cepat, tepat dan tidak diskriminatif, serta humanis, dengan selalu menghormati nilai-nilai kemanusiaan dan kearifan lokal. Mind set yang dikembangkan adalah daerah aman dan masyarakat sejahtera dengan melakukan terobosan kreatif yang positif yang bermanfaat bagi masyarakat serta senantiasa selalu peka, antisipatif dan responsif terhadap setiap informasi dan fenomena yang berkembang di masyarakat.

Jaga kehormatan diri dan keharmonisan keluarga, karena hanya keluarga yang dapat memberikan semangat dalam pelaksanaan tugas, serta dukungan moril dan do’a untuk kesuksesan tugas.

Kapolda Jabar mengucapkan “selamat dan sukses” atas kenaikan pangkat ini, semoga dengan anugerah kenaikan pangkat, akan menjadi berkah bagi personel yang naik pangkat serta dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan citra dan performa jajaran Polda Jabar yang semakin profesional, transparan dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa menganugerahkan bimbingan, kekuatan dan perlindungannya kepada kita sekalian, dalam mempersembahkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara serta kepada Polri tercinta.

Bandung 2 Januari 2023

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *