Dansat Jabar Polda Jabar Terjunkan Pasukan Tolong Korban Kecelakaan Kereta Di Cicalengka

 44 total views

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH JAWA BARAT BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

Read More

SIARAN PERS
TENTANG

Dansat Jabar Polda Jabar Terjunkan Pasukan Tolong Korban Kecelakaan Kereta Di Cicalengka

Sat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menerjunkan pasukannya untuk menolong dan mencari para korban kecelakaan kereta api yang bertabrakan serta pengamanan area dan mensterilkan wilayah sekitar TKP.

Dilaporkan dua kereta api yang bertabrakan itu adalah KA Turangga jurusan Surabaya- Bandung dengan KA commuter line jurusan Padalarang-Cicalengka, sekitar pukul 06.03 WIB.

Belum diketahui penyebab tabrakan dua kereta ini. Pihak PT KAI menyatakan penyebab kecelakaan baru bisa diketahui setelah ada “investigasi”.

Akibat tabrakan itu, menurut Kapolres Bandung Kombes Kusworo Wibowo mengatakan setidaknya ada tiga orang korban meninggal dunia.

Mereka adalah masinis, asisten dan satu orang “pegawai” di salah-satu kereta yang tabrakan, katanya dalam wawancara sekitar pukul 07.30 WIB

Belakangan informasi yang dihimpun BBC News Indonesia menyebutkan, pegawai yang meninggal itu adalah “pramugara” KA Turangga.

Vice President Public Relations PT KAI, Joni Martinus, dalam wawancara dengan KompasTV, Jumat pagi, mengatakan, kecelakaan kereta itu terjadi pada kilometer 181 antara Stasiun Haurpugur dan Cicalengka.

Dalam video yang beredar di media sosial, tabrakan itu menyebabkan beberapa gerbong keluar dari rel dan ada pula yang terangkat.

Sampai sekitar pukul 09.20 WIB, PT KAI sedang berupaya mengevakuasi dua rangkaian kereta api. Mereka juga berusaha memperbaiki jalur rel yang rusak.

Sejumlah laporan media menyebutkan sebagian penumpang sedang diupayakan untuk dievakuasi dibantu oleh anggota Brimob Polda Jabar, TNI, Tim SAR dan Relawan.

Dampak dari tabrakan ini, jalur rel antara Haurpugur-Cicalengka “untuk sementara tidak dapat dilalui”, kata pejabat PT KAI, dalam keterangan tertulisnya.

“Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur- Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain,” paparnya.

Dijelaskan bahwa KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

Ditempat yang sama Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Yuri Karsono, S.I.K., mengatakan “Kami hadir disini untuk menolong dan mencari para korban pada kecelakaan kereta api yang bertabrakan, kami juga disini melaksanakan pengamanan area/sterilisasi guna kelancaran penyelidikan lebih lanjut yang akan dilakukan oleh fungsi terkait”.

Yuri Karsono juga menyampaikan, “Sesuai dengan Moto Brimob Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan, Sat Brimob Polda Jabar selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, terutama dalam hal kemanusiaan, kita selalu siap bergerak kapanpun demi membantu masyarakat,” ungkapnya.

Bandung 5 Januari 2024

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *